30 September 2014

by Bambang Winarso

[Panduan Pemula] Cara Membatasi Penggunaan Data di Android Tanpa Aplikasi

Untuk membatasi penggunaan data di Android barangkali sobat pernah disarankan untuk memasang aplikasi dengan fitur tersebut, padahal sebenarnya sobat bisa lho membatasi penggunaan data internet di smartphone Android tanpa menggunakan aplikasi sama sekali.

Di hampir semua versi, atau barangkali mungkin ada di semua versi Android, terdapat fitur untuk melakukan pembatasan penggunaan data. Saya menggunakan Android 4.2 Jelly Bean jadi tidak mengetahui apakah fitur ini ada di versi Android lama atau tidak. Nah, di Android Jelly Bean terdapat fitur penggunaan data dengan opsi pembatasan yang terdiri atas dua level.

Level pertama bersifat warning atau hanya peringatan, dimana sistem akan memberikan notifikasi atau pemberitahuan bahwa penggunaan data sudah melewati batas yang dibuat namun masih dapat digunakan. Level kedua adalah batas maksimum yang apabila dicapai maka jaringan data internet akan otomatis dimatikan oleh sistem.

 

 

Info Menarik: Batasi Penggunaan Paket Data Dengan Fitur Data Sense di Windows Phone

 

 

Hari ini kita akan membahas cara membatasi penggunaan data di Android menggunakan fitur bawaan tersebut, tanpa bantuan aplikasi sama sekali.

  • Tap tombol menu dan tap menu Settings/Setelan/Pengaturan.

  • Setelah berada di dalam menu Settings, tap Data Usage.

 

 

Info Menarik: Kembangkan Sayap, Tango Rilis Aplikasi Anyar ‘Tango Music Pix’ Untuk Android

 

 

  • Tap salah satu operator yang Anda gunakan sebagai jaringan data, kemudian beri tanda centang pada opsi Set mobile data limit.

 

  • Tap opsi OK jika Anda melihat peringatan seperti gambar di bawah ini. Jangan khawatir, notifikasi ini hanya mengingatkan Anda bahwa bila menggunakan pembatasan maka jaringan data akan sepenuhnya dimatikan.

  • Berikutnya di bagian grafik terdapat dua buah garis berwarna oranye dan merah. Garis berwarna oranye merupakan batas peringatan penggunaan data, geser garis tersebut ke ambang yang sobat inginkan. Kemudian garis merah adalah batas maksimal penggunaan data yang bila tercapai maka jaringan akan dimatikan secara otomatis. Geser dan tentukan ambang batas yang sobat inginkan.

Harap diingat bahwa tercapai tidaknya batas kedua garis akan dipengaruhi oleh intensitas penggunaan data Anda. Jadi, ada kemungkinan tercapai dalam satu hari, satu minggu, satu bulan atau 3 bulan lebih. Untuk itu disarankan untuk membuat batasan dengan pertimbangan seberapa sering Anda menggunakan internet.

Menentukan batas maksimum yang terlalu rendah dapat berakibat matinya jaringan data saat sedang dibutuhkan, dan sebaliknya bila terlalu tinggi maka tagihan jaringan data tetap tinggi sehingga tak ada bedanya dengan tidak memiliki batasan.

Itu dia cara membatasi penggunaan data di Android tanpa menggunakan aplikasi, sangat mudah dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di tips-tips lainnya.

Sumber gambar header: Data via Shutterstock.