12 April 2019

by Bambang Winarso

[Panduan Pemula] Cara Membuat Pesan Maintenance di Blog WordPress

Halaman maintenance default dari WordPress relatif kurang menarik

Di waktu-waktu tertentu, misalnya ketika sedang memperbarui plugin dan tema, WordPress secara default menampilkan pesan bahwa website sedang "under maintenance" di laman muka WordPress. Sayangnya, laman under maintenance tersebut tampil seadanya dan kurang menarik. Guna lebih menghargai perhatian pengunjung, ada baiknya Anda membuat laman khusus yang terlihat lebih menarik dan tentu dengan ucapan yang lebih personal sehingga pengunjung merasa lebih dihargai.

Untuk membuat tampilan "website under maintenance" di blog WordPress yang seperti itu, kita butuh bantuan plugin. Ayo, kita coba!

  • Pertama, klik menu Plugins - Tambah Baru atau Plugins - Add New. Baca juga: cara install plugin di WordPress via Cpanel.
  • Kemudian di kolom pencarian, ketikkan kata kunci maintenance sampai keluar hasil seperti ini. Ada banyak hasil untuk kata kunci tersebut, tapi rekomendasi saya, gunakanlah pluginComing Soon Page & Maintenance Mode by SeedProd. Berikutnya, klik Install Now lalu aktifkan.

  • Setelah diaktifkan, Anda akan langsung dihantarkan ke panel pengaturan.
  • Ada lima langkah yang harus Anda lalui, pertama aktifkan dahulu mode Enable Maintenance Mode. Kedua, buat headline. Ketiga, ketikkan beberapa kalimat manis untuk pengunjung Anda. Jika perlu, tambahkan gambar yang menarik. Keempat, pilih opsi Nope. Dan terakhir, simpan perubahan.

  • Selanjutnya, jika dirasa perlu Anda juga bisa melakukan modifikasi tampilan pesan maintenace di menu tab Design.

  • Ini hasil akhirnya.

Ketika mode maintenance diaktifkan, maka secara otomatis sistem akan menampilkan pesan ini untuk pengunjung selain admin. Secara default, plugin tidak akan tampil di tautan login, admin dan dashboard. Setelah proses update selesai, Anda harus menon-aktifkan mode maintenace agar pengunjung bisa kembali membaca isi blog Anda. Selamat mencoba tips membuat under construction di wordpress ini!

Sumber gambar header Pixabay.