Categories

Tips & Trik

[Panduan Pemula] Cara Mengaktifkan Modus Baca di Smartphone Xiaomi

Fitur modus baca berfungsi sebagai penyaring cahaya biru yang berdampak buruk bagi kesehatan

Bambang Winarso - 21 March 2018

Semua smartphone Xiaomi yang sudah menggunakan MIUI 8 ke atas, penglihatannya terlindungi dengan yang namanya fitur modus baca atau reading mode. Fitur ini bekerja dengan cara mengurangi dampak blue light yang dihasilkan oleh perangkat, dan bahkan waktu aktifnya bisa diset sehingga hanya aktif di jam-jam tertentu.

  • Untuk mengaktifkan fitur modus baca di perangkat Xiaomi, pertama-tama buka menu Settings kemudian tap menu Display.

Screenshot_2018-03-21-13-34-39-197_com.android.settings

  • Selanjutnya tap opsi Reading mode.

Screenshot_2018-03-21-13-34-43-822_com.android.settings

  • Untuk langsung mengaktifkan modus baca tanpa jadwal, tap tombol di opsi Reading modesampai berubah berwarna biru dan pencahayaan layar akan secara instan ikut berubah kemerah-merahan.

Screenshot_2018-03-21-13-35-20-083_com.android.settings

  • Tetapi jika Anda menginginkan modus baca hanya aktif di jam-jam tertentu, aktifkan opsi Schedule, kemudian pilih Good night’s read untuk pengaturan jam secara otomatis berdasarkan jam sistem.

Screenshot_2018-03-21-13-35-14-437_com.android.settings

  • Atau pilih opsi Custom period untuk jam yang Anda tentukan sendiri. Tinggal dipilih kapan modus baca aktif dan kapan mati. Anda juga bisa menyesuaikan tingkat pencahayaan dengan menggeser bar Adjust.

Screenshot_2018-03-21-13-35-51-198_com.android.settings

 

Mengapa Fitur ini Perlu untuk Diaktifkan Terutama di Malam Hari?

Blue light atau sinar biru adalah sinar terlihat yang merupakan bagian dari spektrun elektromagnetik yang dihasilkan oleh layar digital seperti smartphone, tablet, komputer dan televisi. Meski disebut memiliki dampak positif terhadap mood, namun penelitian mendapati papan sinar biru yang berlebihan dan dalam waktu yang lama dapat berdampak buruk bagi kesehatan, misalnya menurunkan produksi hormon melatonin yang berfungsi mengatur tidur.

Paparan sinar biru bisa meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh dan bahkan bisa mengganggu ritme sirkadian Anda. Untuk memastikan tidur yang lebih baik, cahaya biru harus diturunkan di malam hari dan meningkat di siang hari. Peningkatan cahaya biru di siang hari juga dapat meningkatkan proses kognitif, sehingga memungkinkan produktivitas yang lebih baik.

Sumber rujukan Wikipedia dan gambar header Youtube.com/Androwide.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id