4 February 2016

by Aditya Daniel

[Panduan Pemula] Cara Mengatur Ringtone di iPhone/iPad

Atur ringtone notifikasi masuk hingga kustomisasi per kontak

Nada dering atau ringtone bagi sebagian orang bisa menjadi penanda untuk mengetahui notifikasi apa atau siapa yang sedang menghubungi. Bahkan kini kita bisa membedakan notifikasi Line dengan Whatsapp hanya dari ringtone yang berbunyi.

Di perangkat iOS baik itu iPhone/iPad atau iPod Touch Anda juga bisa mengatur nada dering yang diinginkan, baik untuk notifikasi aplikasi atau untuk panggilan kontak dari orang-orang tertentu.

iPhone dan iPad memiliki beberapa ringtone bawaan yang bisa Anda gunakan. Jika Anda ingin membuat ringtone dari lagu favorit, iTunes bisa melakukannya untuk Anda. Lalu bagaiamana caranya mengatur ringtone-ringtone tersebut? Tenang, di artikel kali ini saya akan menunjukkan bagaimana caranya mengatur ringtone di iPhone/ iPad.

Mengatur ringtone lewat aplikasi Settings

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Cari dan pilih menu Sounds.
  3. Akan ada bagian Sounds and Vibration Patterns dimana Anda bisa mulai mengatur ringtone untuk beberapa pilihan notifikasi, seperti panggilan atau sms yang masuk, bunyi posting-an Facebook, email dan tweet setelah dikirim hingga penanda reminders dan agenda di kalender.

Selain mengatur nada dering pada pilihan ini Anda juga bisa mengatur pola getarannya. Lalu bagaimana caranya mengatur ringtone tertentu untuk salah satu kontak? Caranya juga mudah, mari kita bahas:

Mengatur ringtone untuk kontak tertentu

  1. Buka aplikasi Contacts dan pilih salah satu kontak yang akan diatur nada deringnya,
  2. Tap pada tombol Edit di pojok kanan atas.
  3. Silakan atur pada menu Ringtone dan Vibration yang muncul.
  4. TapDone pada pojok kanan atas setelah selesai mengaturnya.

Mudah bukan? Sekarang Anda bisa mengetahui siapa yang menelepon dengan kustomisasi ringtone ini. Cara ini bisa Anda terapkan di setiap perangkat iOS yang Anda miliki.

Sekian tips kali ini. Masih banyak tips dan panduan pemula terkait perangkat iOS yang akan saya bagikan kepada para sobat DS sekalian. Jangan lupa juga cek beragam aplikasi serta games-games rekomendasi pilihan yang telah kami siapkan juga ya!

Ada pertanyaan seputar tips mengganti ringtone di iPhone atau iPad? Anda bisa menuliskannya di kolom komentar.

Gambar header: iPhone via Shutterstock.