22 April 2019

by Bambang Winarso

[Panduan Pemula] Cara Mengetahui Informasi Pemilik, Hosting dan IP Website

Kecuali jika pemiliki website membeli fitur untuk menyembunyikan privasi

Cara mengetahui pemilik sebuah website atau blog dan mengetahui informasi hosting bahkan teknologi yang digunakan sebuah situs bukanlah perkara sulit. Anda hanya cukup mengingat alamat situs yang ingin dicek, kemudian melakukan pemeriksaan menggunakan tool yang kami rekomendasikan.

Menggunakan Whois

  • Pertama, kita bisa menggunakan Whois yang tersedia dalam berbagai pilihan. Dalam tutorial ini saya menggunakan layanan https://www.whois.com, kemudian klik menu Whois. Masukkan alamat web yang ingin dicek lalu tekan Enter.

  • Dalam hitungan detik, Anda akan memperoleh informasi lengkap siapa pemilik web tersebut. Informasi yang ditampilkan - jika tidak diblokir - sangat lengkap, mulai dari informasi hosting yang dipakai, kontak pemilik, kontak admin dan bahkan kontak teknisinya.
  • Apakah informasi ini bisa disembunyikan? Bisa, jika pemilik web membeli fitur privasi yang oleh semua pihak hosting disediakan dengan harga yang berbeda-beda. Mohon maaf demi melindungi privasi, sebagian besar informasi nama dan email kami sembunyikan.

Dengan informasi pemiliki dan hosting di atas, Anda memiliki setidaknya pegangan seandainya ingin membeli produk atau jasa darinya. Atau, jika Anda membutuhkan informasi lain terkait slot iklan atau penawaran lain. Jika ternyata situs melakukan tindakan scam, Anda tinggal melaporkan informasi yang didapat ke pihak berwajib.

Memeriksa Teknologi Website dengan Builtwith.com

Berbeda dengan Whois, Builtwith.com lebih menyajikan informasi teknologi yang dipakai oleh situs tertentu. Misalnya, Anda ingin mengetahui CMS apa yang dipakai, tool apa saja yang dipergunakan, apakah web tersebut menggunakan Facebook Pixel atau tidak, menggunakan Google Analytic atau tidak dan sebagainya.

  • Cara pakainya sangat mudah, tinggal buka web Builtwith.com kemudian ketikkan domain website yang ingin diperiksa dan enter. Informasi lengkap terkait teknologi-teknologi yang dipakai terpampang di layar secara gamblang.

Memeriksa IP, Pengunjung dan Pemilik

Opsi yang ketiga ini menampilkan informasi yang lebih lengkap terkait IP, hosting, pemilik dan bahkan jumlah pengunjung website. Buka situsnya di https://myip.ms kemudian ketikkan domain website yang ingin diperiksa dan tekan enter. Hasilnya akan seperti ini.

Itulah tiga cara mengetahui informasi pemilik dan hosting sebuah website. Mohon pergunakan dengan bijaksana.

Sumber gambar header Whoislookup.