4 February 2014

by Bambang Winarso

[Panduan Pemula] Cara Mengetahui Smartphone Android Sudah Root Atau Belum

Melakukan root pada perangkat Android sejatinya bukan ide yang buruk, sebab dengan memiliki akses root Anda dapat menikmati lebih banyak fitur dari perangkat Anda. Tetapi melakukan root tidaklah mudah meskipun semua proses sudah Anda lakukan, belum berarti proses root berhasil dilakukan. Lalu bagaimana cara mengetahui sukses tidaknya proses root? Di artikel ini, TRL akan berikan step by step memastikan proses root sudah berhasil dilakukan.

Cara termudah untuk mengetahui smartphone Android Anda sudah berhasil di-root adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama Root Checker yang bisa Anda unduh dari Google Play. Silahkan unduh dan instal ke perangkat Anda.

 

Info Menarik: Yahoo OMG Resmi Berubah Menjadi Yahoo Celebrity

Setelah terinstal, temukan ikon shortcut aplikasi berlabel Root Checker Basic di menu perangkat dan jalankan.

Saat pertama kali dijalankan Anda akan diminta untuk menerima persyaratan penggunaan, untuk melanjutkan tap tombol Agree.

Setelah itu Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini, tap tombol Verify Root Access.

Info Menarik: Daftar Aplikasi BlackBerry Paling Populer di Indonesia Tahun 2013

Sampai di sini Anda akan diminta akses ke semua fitur perangkat, tap tombol Grant untuk melanjutkan ke proses berikutnya.

Sesaat kemudian aplikasi akan memulai proses verifikasi, apabila perangkat Anda telah di-root maka akan muncul pesan seperti berikut ini.

 

Mudah kan? Nah, selain untuk memeriksa apakah proses root yang Anda lakukan berhasil. Aplikasi ini juga bisa Anda manfaatkan untuk memastikan sebaliknya, misalnya Anda hendak membeli smartphone Android bekas dan ingin mengetahui apakah perangkat tersebut sudah di-root atau belum.

Gambar header Android via Shutterstock.