[Panduan Pemula] Cara Mengganti Aplikasi SMS Bawaan Android

[Panduan Pemula] Cara Mengganti Aplikasi SMS Bawaan Android

Aplikasi alternatif yang kita pakai adalah Textra SMS buatan pengembang Delicious
Interface Aplikasi Textra SMS
Interface Aplikasi Textra SMS

Seperti aplikasi lain yang tertanam di smartphone, aplikasi pesan singkat atau SMS juga bisa diganti dengan aplikasi pihak ketiga yang bukan bawaan Android. Keuntungannya apa? Beberapa pengembang menawarkan opsi yang lebih luas dan juga integrasi yang lebih fleksibel, misalnya bisa terhubung ke Google Drive, ke aplikasi pesan instan, media sosial dan bahkan email.

Berikut ini adalah panduan cara mengganti aplikasi SMS bawaan Android, yang saya praktikkan di smartphoneXiaomi Redmi 5 Plus.

  • Langkah pertama, unduh dahulu aplikasi SMS pihak ketiga yang bertindak sebagai aplikasi pengganti, opsinya ada banyak sekali di Play Store. Tetapi, kali ini saya ingin mencoba aplikasi Textra SMS.

Screenshot_2018-11-27-20-42-32-533_com.android.vending

  • Setelah terpasang, jalankan Textra SMS untuk pertama kali dengan men-tap Start Using Textra.

Screenshot_2018-11-27-20-47-22-121_com.textra

  • Lalu tap Make Default App dan tap yes di jendela popup.

screenshot-dianisa.com-2018-11-27-21-06-58

  • Selesai, sekarang karena Textra sudah mempermudah proses penggantian aplikasi default, maka kini secara otomatis ketika ada pesan singkat yang masuk, Anda akan dihantarkan ke Textra.

screenshot-7fc89c92-aae0-4d79-a9bb-e566e8a6d8d8-2018-11-27-21-07-47

Menghapus Aplikasi Default

Untuk mengembalikan pengaturan awal agar aplikasi default kembali ke posisi standar, artinya Anda akan memilih dari awal, cukup buka Settings – Installed App – Textra, kemudian tap opsi Clear defaults.

Screenshot_2018-11-27-20-50-42-071_com.miui.securitycenter

Setelah langkah ini dilakukan, ketika ada pesan singkat baru yang masuk, Anda akan kembali ditanya ingin menggunakan aplikasi SMS bawaan atau Textra SMS.

Catatan Penting

  • Setiap ponsel punya pengaturan yang berbeda. Bisa jadi, menu penggantian aplikasi default SMS terletak di menu lainnya. Jadi, sesuaikan saja.
  • Cara terbaik untuk mengetahui bagus tidaknya sebuah aplikasi SMS adalah dengan mencobanya sendiri satu per satu. Jangan terpaku pada Textra, coba juga beberapa aplikasi SMS lain yang tersedia di Play Store.
Application Information Will Show Up Here

 

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…