[Panduan Pemula] Cara Merekam Layar OPPO F9 Dalam Bentuk Video

Menggunakan tool bawaan tanpa aplikasi tambahan

Seperti sejumlah perangkat ponsel pintar populer lainnya, di OPPO F9 Anda juga bisa menemukan fitur perekam layar dalam bentuk video atau disebut dengan screen recording di mana untuk menggunakannya, Anda tidak perlu melakukan root atau memasang aplikasi baru. Semua dilakukan menggunakan fitur bawaan OPPO F9.

Keren kan? Yuk, langsung kita coba toolnya!

  • Anda bisa saja langsung merekam layar OPPO F9 tanpa melalui langkah ini, tetapi sangat disarankan untuk melakukan penyesuaian terlebih dahulu agar video yang dihasilkan tidak sia-sia. Jadi, buka menu Settings kemudian tap System Apps.

  • Kemudian tap menu Screen Recording.

  • Di panel pengaturan Screen Recording Anda dapat melakukan beberapa penyesuian, misalnya input suara, resolusi video dan opsi perekaman sentuhan. Silahkan disesuikan dengan kebutuhan Anda.

  • Jika sudah, sekarang kembali ke layar utama atau di layar yang ingin Anda rekam. Geser layar dari atas untuk menampilkan status bar, lalu tap opsi Start Screen Recording. Secara default, tombol ini sudah ada di sana. Tetapi jika tidak Anda temukan, Anda bisa memodifikasi ikon-ikon di status bar tesebut secara manual.

  • Berikutnya akan muncul hitung mundur yang memberi jeda waktu kepada Anda untuk mempersiapkan diri.
  • Ketika sistem sedang merekam layar, Anda akan dapat melihat durasi perekaman yang dilengkapi pula dengan tombol stop. Jadi, jika Anda ingin menghentikan perekaman tinggal men-tap tombol tersebut sekali.

  • Anda kemudian dapat melihat pemberitahuan bahwa video sudah berhenti direkam dan Anda bisa men-tap notifikasi tersebut untuk melihat video.

Video yang sudah disimpan juga dapat Anda temukan di galeri untuk kemudian dipergunakan, diedit atau langsung dibagikan.