Categories

Tips & Trik

[Panduan Pemula] Cara Restart iPhone Tanpa Menggunakan Tombol Power

Aditya Daniel - 9 October 2014

iPhone yang stuck ketika sedang digunakan memang menyebalkan. Namun tentu saja hal ini jarang dialami.

Melakukan hard reset dengan menekan tombol Home dan Power selama 5 detik bisa menjadi salah satu alternatif dalam melakukan restart iPhone iPad. Namun bagaimana jika salah satu tombol Home atau Power tidak berfungsi lagi sebagaimana mestinya dan kita harus melakukan restart perangkat? Mungkin tips dibawah ini bisa dicoba.

Restart iPhone menggunakan bantuan Assitive Touch

Assistive Touch memang memiliki banyak kegunaan terutama bagi perangkat yang mengalami kerusakan hardware seperti tombol home, power atau volume yang tak lagi berfungsi. Nah caranya sebagai berikut:

  1. Buka Settings -> General, Pilih Accesibility.
  2. Scroll ke bawah hingga menemukan pilihan Assistive Touch.
  3. Aktifkan Assistive Touch maka akan muncul sebuah tombol mirip gambar Home button pada layar.
  4. TapAssitive Touch, pilih Device.
  5. Tap dan tahan pilihan Lock Screen yang bergambar sebuah gembok maka akan muncul slider untuk mematikan iPhone, geser ke kanan maka iPhone akan mati.
  6. Untuk menghidupkan iPhone kembali, cukup colok iPhone ke charger dan tunggu beberapa saat, maka iPhone akan hidup dengan sendirinya.

Restart iPhone menggunakan Reset Network Settings

Kekurangan dari cara ini adalah kita akan kehilangan seluruh pengaturan jaringan yang dimilki pada iPhone seperti password WiFi yang tersimpan serta pengaturan VPN, namun bagi yang tak memiliki banyak pengaturan jaringan tersimpan rasanya opsi yang satu ini patut dicoba, caranya:

  1. Masuk ke Settings - > General lalu scroll ke bawah, pilih Reset.
  2. Pilih Reset Network Settings dan pilih kembali pop-up konfirmasi yang muncul maka iPhone akan otomatis restart dengan sendirinya.

Restart iPhone lewat pilihan Bold Text

Apple menambahkan pilihan untuk menebalkan font pada sistem operasi sejak iOS 7 dirilis. Pilihan ini dapat digunakan pula untuk me-restart iPhone.

  1. Masuk ke Settings -> General, pilih Accesibility
  2. Aktifkan pilihan Bold Text yang ada maka akan muncul pop-up konfirmasi bahwa iPhone akan di-restart, pilih Continue maka iPhone akan restart dengan sendirinya.

Pilihan yang terakhir tentu akan mengubah tampilan sistem font di iOS menjadi lebih tebal, untuk mengembalikannya tinggal ulangi cara di atas dan font akan kembali normal, namun hal ini berarti kita harus me-restart dua kali jika tak ingin menggunakan font yang lebih tebal di iPhone atau perangkat iOS yang lain.

Apple memang tidak menyediakan sebuah tombol khusus untuk melakukan restart pada perangkat iOS namun setidaknya 3 pilihan di atas dapat dicoba. Mana yang menurut Anda paling praktis? Berikan komentar Anda di kolom komentar di bawah.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter