Terbiasa menggunakan Go-Jek? Pastinya Anda juga sudah familiar sekali dengan layanan Go-Pay yang merupakan salah satu metode pembayaran yang diterima oleh aplikasi ride sharing tersebut.

Go-Pay sendiri secara perlahan membentuk ekosistemnya sendiri, menjadikan dirinya sebagai alat bayar yang bisa dipergunakan secara online dan offline. Kemudian salah satu kemudahan lainnya, saldo yang tersimpan di Go-Pay dapat dipindah tangankan layaknya uang tunai.

Sebagai permulaan, aplikasi Go-Jek yang telah terintegrasi dengan Go-Pay dapat ditransfer ke akun Go-Jek lainnya menggunakan nomor ponsel sebagai alat identifikasi akun. Caranya sangat mudah, tapi sebelum itu Anda harus menuntaskan prosedur awal, yaitu melakukan verifikasi.

Proses Verifikasi

Verifikasi dilakukan juga di dalam aplikasi Go-Jek, di mana sistem akan meminta proses verifikasi ketika pengguna mencoba untuk mengirim saldo Go-Pay. Sayangnya saya tidak bisa menunjukkan langkah lengkapnya, tapi bagi Anda yang ingin melakukan verifikasi bisa membuka menu My Account kemudian tap Go-Pay.

Screenshot_2018-05-23-12-07-14-072_com.gojek.app

  • Verifikasi yang diminta cukup menggunakan foto data diri seperti KTP dan foto diri. Prosesnya sendiri memakan waktu beberapa puluh menit saja. Sangat mudah dan cepat.

Screenshot_2018-05-23-12-07-21-096_com.gojek.app

Transfer Saldo Go-Pay

  • Jalankan aplikasi Go-Jek seperti biasa, kemudian tap menu Transfer di panel Go-Pay.

Screenshot_2018-05-23-12-06-04-019_com.gojek.app

  • Di jendela berikutnya, masukkan nomor ponsel akun tujuan kemudian tap tombol Confirm.

Screenshot_2018-05-23-12-06-25-754_com.gojek.app

  • Cek kembali nomor ponsel tujuan, lalu masukkan nominal saldo Go-Pay yang ingin ditransfer. Terakhir, kembali tap tombol Confirm.

Screenshot_2018-05-23-12-06-36-309_com.gojek.app

Selanjutnya sistem akan memroses permintaan Anda dengan mengirimkan saldo Go-Pay ke nomor tujuan secara instan. Proses ini hanya membutuhkan waktu sekian detik. Anda juga akan mendapatkan pemberitahuan melalui email yang memuat nominal dan nomor tujuan Go-Pay.

Catatan Penting

  • Apakah fitur ini dikenai biaya? Jawabannya tidak, Anda bisa menransfer saldo Go-Pay tanpa potongan sepeserpun.
  • Selain menggunakan nomor ponsel, pengiriman juga bisa dilakukan menggunakan kode QR.
  • Go-Pay juga bisa digunakan untuk membeli misalnya Pulsa, Token PLN dan diamond Mobile Legends.
  • Top Up saldo Go-Pay bisa dilakukan dengan berbagai cara, baca tutorialnya di artikel ini.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.