Categories

Tips & Trik

[Panduan Pemula] Cara Uninstall Aplikasi Android dengan CCleaner

Selain untuk menghapus cache, CCleaner juga kini dilengkapi fitur pengelola aplikasi

Bambang Winarso - 10 August 2016

Beberapa dari Anda barangkali sudah mengetahui bahwa ada beberapa cara untuk mencopot (uninstall) aplikasi di perangkat Android. Bisa dari Setting, dari Play Store, lewat aplikasi pihak ketiga Clean Master atau cara yang akan kita bahas, yakni menggunakan aplikasi CCleaner.

Apapun cara yang Anda pilih, tujuannya cuma satu; mencopot aplikasi yang tidak lagi digunakan. Jika pilihan Anda jatuh ke menggunakan CCleaner, tutorial ini wajib Anda baca hingga tuntas.

  • Jalankan aplikasi CCleaner di perangkat Android Anda, atau jika belum punya, silahkan unduh dahulu dari Play Store. Jika sudah, tap tombol menu dan pilih App Manager. Berikutnya Anda akan mendapati daftar aplikasi yang dibagi atas tiga kategori; Installed, System dan Disabled. Dari sana, tap ikon tong sampah.

CCleaner selain membantu Anda untuk uninstall aplikasi, juga bisa untuk menghapus cache

  • Selanjutnya tandai aplikasi mana yang hendak dicopot dan tap tombol Uninstall. Terakhir tap tombol OK.

Aplikasi dibagi atas tiga kategori, Anda dapat memilih aplikasi mana yang hendak dicopot

  • Selesai, sekarang Anda akan melihat notifikasi singkat yang menginformasikan bahwa proses uninstall sudah berhasil dilakukan.

Sumber gambar header AndroidPolice.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter