[Panduan Pemula] Chrome dengan Material Design

[Panduan Pemula] Chrome dengan Material Design

Jika bosan dengan desain yang sekarang, ubah saja tampilannya
Chrome Material Design Option
Chrome Material Design Option

Sekitar empat tahun yang lalu, Google memperkenalkan desain baru mereka ke sistem operasi Android. Desain tersebut bernama Material Design. Desain tersebut cukup memukau pada saat sistem operasi Android Lollipop diperkenalkan karena memang berbeda dari sebelumnya.

Jika sebelumnya Material Design belum diimplementasikan ke beberapa produk Google di luar Android, kali ini pun berbeda. Beberapa bulan belakangan ini, Google sedang berusaha membawa desain Material ke desktop dan mobile. Dan hal tersebut pun dapat kita rasakan saat ini.

Chrome Material

 

Google Chrome versi 68 ternyata sudah membawa Material Design. Desain yang satu ini sudah dapat dicoba pada versi Windows 10 maupun iOS. Untuk versi Android, Material Design belum dapat dicoba. Akan tetapi, hal tersebut bukan berarti bahwa desain tersebut diaplikasikan secara default.

Material Design pada versi desktop Windows 10 memiliki address bar yang melengkung, design tab yang kotak, dan warna putih yang mendominan. Untuk versi iOS, Google mengubah menu dari atas ke bawah dengan address bar tetap berada di atas. Selain itu, tombol-tombol navigasi seperti back dan forward serta refresh juga dipindah ke bawah.

Chrome Material Design

 

Untuk mendapatkan desain baru tersebut, ikut saja cara berikut:

Chrome Windows

  • Buka Chrome dan browse URL: chrome://flags/#top-chrome-md
  • Di bagian “UI Layout for the browser’s top chrome” pindahkan pilihan dari default ke refresh
  • Restart Chrome Anda

Chrome Material Design Option

Chrome untuk iOS

  • Buka aplikasi Chrome dan browse URL: chrome://flags/#top-chrome-md
  • Scroll ke bawah dan temukan “UI Refresh Phase 1”
  • Pilih enabled
  • Restart Chrome dengan cara menghilangkan Chrome dari daftar recent app

Selamat mencoba desain terbaru dari Google!

Gamber header: Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Lifestyle
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…