18 November 2014

by Puja pramudya

[Panduan Pemula] Memanfaatkan Apps Corner Untuk Berbagi Perangkat Windows Phone

Apps Corner adalah salah satu fitur baru yang terdapat pada Windows Phone 8.1. Dengan Apps Corner,pengguna dapat membuat sebuah start screen terbatas untuk perangkat Windows Phone Anda. Terbatas karena kita dapat membatasi aplikasi apa saja yang dapat diakses oleh orang lain.

Fitur ini sangat berguna jika kita ingin memamerkan device sekaligus menyembunyikan berbagai informasi yang bersifat personal seperti email, kalender dan foto.

Beberapa skenario cocok digunakan dengan menggunakan Apps Corner. Misalnya, perangkat Anda dipinjam oleh teman atau anak Anda, dan supaya kegiatan si peminjam tidak mengganggu email atau pekerjaan lain yang Anda lakukan, gunakan Apps Corner untuk mengizinkan akses hanya aplikasi yang ingin digunakan saja.

Contoh lain, Anda menggunakan perangkat pribadi untuk kebutuhan bisnis dan membutuhkan peminjaman perangkat kepada karyawan. Gunakan Apps Corner dan berikan akses aplikasi yang dibutuhkan oleh karyawan itu saja.

Bingung cara menggunakan Apps Corner di perangkat Windows Phone Anda? Ikuti langkah berikut ini untuk mengaktifkan Apps Corner.

  • Pilih menu Settings –> Apps Corner

 

  • Pilih Apps dan pilih aplikasi yang ingin Anda bagi. Pilih Done jika sudah selesai.

 

 

Info menarik: Blogger Blueprint Episode III: Membangun SEO Off Page

 

  • Jika Perangkat Anda tidak memiliki kata kunci lock screen, buatlah pengaturan sehingga pengguna lain tidak bisa mengakses start screen utama dari Apps Corner.
  • Atur beberapa konfigurasi lain seperti Action Center dan Setting.

 

  • Pada pengaturan Advanced, kita juga dapat mengatur apakah pengguna dapat menggunakan tombol kamera, tombol search, tombol start dan memodifikasi tile.

 

  • Pilih tombol Launch pada bagian bawah Apps Corner.
  • Sekarang perangkat dapat dipinjamkan kepada orang lain tanpa khawatir penggunaannya akan mengganggu akun utama Anda.

 

  • Untuk keluar dari Apps Corner, tekan dan tahan tombol Power, lalu geser ke kanan.

 

Sekarang Anda dapat berbagi perangkat tanpa harus takut mengganggu akun utama atau akses terhadap informasi personal Anda. Jika Anda menemukan skenario lain yang cocok untuk Apps Corner kami ingin mendengarnya.

Gambar header: Lock via Shutterstock.