13 October 2014

by Puja pramudya

[Panduan Pemula] Mengambil Screenshot Pada Perangkat Windows Phone

Seringkali ketika kita membuka aplikasi atau browser dari smartphone dan menemukan konten yang menarik, kita ingin membaginya kepada orang lain.

Jika konten itu berupa web kita dapat melakukannya dengan membagi url dari halaman web tersebut. Namun bagaimana jika kita ingin membagi tampilan yang sedang ditampilkan pada layar saat itu juga ? Untuk kasus ini kita dapat mengambil screenshot dari layar.

Fitur untuk mengambil Screenshot pada Windows Phone baru hadir mulai dari sistem operasi Windows Phone 8. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengambil screenshot dari perangkat Windows Phone Anda.

Mengambil Screenshot di Windows Phone 8

  1. Buka halaman yang ingin di ambil screenshot-nya.
  2. Tekan dan tahan tombol Windows  dan Power secara bersamaan. Akan muncul tulisan “Saving to Screenshots…” menandakan gambar sedang disimpan.
  3. Untuk melihat gambar yang sudah diambil pergi ke Photos > albums > Screenshots  dan pilih gambar yang ingin dilihat.

 

Info menarik: [Panduan Pemula] Membalas Panggilan Telepon dengan Pesan Teks di Windows Phone

 

Mengambil Screenshot  di Windows Phone 8.1

Jika Anda sudah melakukan upgrade ke sistem operasi Windows Phone 8.1, cara di atas tidak akan menghasilkan screenshot yang diinginkan. Jika Anda menggunakan cara yang sama maka akan muncul peringatan bahwa cara mengambil screenshot di Windows Phone 8.1 telah berubah.

Seperti yang tertera, pada Windows Phone 8.1 untuk mengambil screenshot, langkah ke-2 diganti dengan menekan dan menahan tombol Power dan Volume Up secara bersamaan.

Perubahan ini dilakukan karena sejak versi 8.1, Microsoft tidak lagi mensyaratkan produsen smartphone menggunakan tombol Windows sebagai fitur hardware. Jadi ada kemungkinan produsen menampilkan tombol Windows sebagai soft button sehingga agar fitur screenshot tetap berjalan dilakukan perubahan konfigurasi tombol yang perlu ditekan.

Demikian cara untuk mengambil screenshot di Windows Phone 8 dan Windows Phone 8.1, mudah bukan? Selamat mencoba dan jangan lupa untuk terus ikuti tips - trik dan informasi seputar Windows Phone di Trenologi.