5 November 2014

by Puja pramudya

[Panduan Pemula] Mengatur Ruang Penyimpanan Perangkat Windows Phone

Anda sedang merekam video atau menyimpan foto dan tiba-tiba muncul tanda peringatan bahwa ruang penyimpanan Anda akan segera habis sehingga tidak bisa menyimpan hasil rekaman/foto tersebut. Anda kesal dan mulai bertanya mengapa ruang penyimpanan perangkat Anda bisa habis begitu saja meski sebelumnya Anda sudah menghapus beberapa foto dan video tetapi mengapa penyimpanan tetap habis.

Jika menghadapi permasalahan seperti ini, selalu ingat bahwa selain foto,video dan dokumen, aplikasi yang Anda unduh bisa jadi menyimpan data-data pada perangkat Anda sehingga memenuhi ruang penyimpanan. Dengan Storage Sense, Anda memiliki kontrol penuh dan dapat melakukan manajemen data dengan mudah.

Ikuti langkah berikut untuk mengatur ruang penyimpanan pada Windows Phone Anda.

  • Buka Storage Sense dari menu Settings

 

  • Anda akan mendapatkan data pemakaian ruang penyimpanan yang dibagi menjadi kategori apps+games, music, videos, podcast, photos, email+messaging, documents, downloads, maps, system, temporary files dan other.

 

  • Untuk menghapus data music, videos, podcast, photos, documents, maps, tap kategori tersebut lalu tekan Manage. Anda akan diantarkan ke aplikasi native yang bersesuaian dengan data yang ingin diatur.

 

  • Untuk melihat daftar aplikasi yang memenuhi ruang penyimpanan, tapapps+games

 

  • Pilih aplikasi yang ingin diketahui detail penyimpanannya, misalnya saya tap Cloudsix for Dropbox.
  • Anda akan mendapatkan informasi total ukuran data, yang terdiri dari ukuran instalasi dan data yang tersimpan.
  • Jika ingin menghapus aplikasi, tekan tombol unistall.
  • Jika Anda memiliki SD Card dan ingin memindahkan aplikasi tersebut, tekan tombol move to SD.

 

Sebaiknya Anda menyeimbangkan penyimpanan aplikasi maupun data antara penyimpanan internal dan SD Card. Hal ini dikarenakan sisa ruang penyimpanan internal sangat berpengaruh terhadap performa perangkat Anda. Senantiasa sisakan 1-1.5 GB di ruang internal agar sistem operasi dapat berjalan dengan baik. Selamat mencoba!