Categories

Tips & Trik

[Panduan Pemula] Mengatur Ruang Penyimpanan Perangkat Windows Phone

Puja pramudya - 5 November 2014

Anda sedang merekam video atau menyimpan foto dan tiba-tiba muncul tanda peringatan bahwa ruang penyimpanan Anda akan segera habis sehingga tidak bisa menyimpan hasil rekaman/foto tersebut. Anda kesal dan mulai bertanya mengapa ruang penyimpanan perangkat Anda bisa habis begitu saja meski sebelumnya Anda sudah menghapus beberapa foto dan video tetapi mengapa penyimpanan tetap habis.

Jika menghadapi permasalahan seperti ini, selalu ingat bahwa selain foto,video dan dokumen, aplikasi yang Anda unduh bisa jadi menyimpan data-data pada perangkat Anda sehingga memenuhi ruang penyimpanan. Dengan Storage Sense, Anda memiliki kontrol penuh dan dapat melakukan manajemen data dengan mudah.

Ikuti langkah berikut untuk mengatur ruang penyimpanan pada Windows Phone Anda.

  • Buka Storage Sense dari menu Settings
    wp_ss_20141103_0002

 

  • Anda akan mendapatkan data pemakaian ruang penyimpanan yang dibagi menjadi kategori apps+games, music, videos, podcast, photos, email+messaging, documents, downloads, maps, system, temporary files dan other.
    wp_ss_20141103_0001

 

  • Untuk menghapus data music, videos, podcast, photos, documents, maps, tap kategori tersebut lalu tekan Manage. Anda akan diantarkan ke aplikasi native yang bersesuaian dengan data yang ingin diatur.
    wp_ss_20141103_0008

 

  • Untuk melihat daftar aplikasi yang memenuhi ruang penyimpanan, tapapps+games
    wp_ss_20141103_0004

 

  • Pilih aplikasi yang ingin diketahui detail penyimpanannya, misalnya saya tap Cloudsix for Dropbox.
  • Anda akan mendapatkan informasi total ukuran data, yang terdiri dari ukuran instalasi dan data yang tersimpan.
    wp_ss_20141103_0005
  • Jika ingin menghapus aplikasi, tekan tombol unistall.
  • Jika Anda memiliki SD Card dan ingin memindahkan aplikasi tersebut, tekan tombol move to SD.

 

Sebaiknya Anda menyeimbangkan penyimpanan aplikasi maupun data antara penyimpanan internal dan SD Card. Hal ini dikarenakan sisa ruang penyimpanan internal sangat berpengaruh terhadap performa perangkat Anda. Senantiasa sisakan 1-1.5 GB di ruang internal agar sistem operasi dapat berjalan dengan baik. Selamat mencoba!

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id