[Panduan Pemula] Menghilangkan Iklan pada Smartphone Xiaomi

[Panduan Pemula] Menghilangkan Iklan pada Smartphone Xiaomi

Ternyata Xiaomi pun mengambil keuntungan dari iklan yang terpasang pada setiap perangkatnya
Disable MSA
Disable MSA

Bagi sebagian orang, iklan yang muncul pada layar perangkat Android memang dirasa sangat menyebalkan. Selain mengambil porsi kuota internet, iklan yang ada kadang tidak cocok, selain itu pengguna tidak mendapatkan apa-apa dari iklan yang terpasang. Yang lebih menyebalkan lagi adalah ternyata iklan yang ada adalah perusahaan dari perangkat Android yang kita beli.

Yang saat ini dikenal memasang iklan pada setiap perangkat yang mereka jual adalah Xiaomi. Yup, sang vendor asal Tiongkok yang menjual perangkat mereka dengan harga yang murah. Setiap MIUI akan terpasang sebuah aplikasi untuk menampilkan iklan.

Xiaomi Ads - Feature

Xiaomi sendiri mengatakan bahwa memang mereka memasukkan iklan ke dalam antar muka mereka, MIUI. Hal tersebut memang bentuk dari model bisnis mereka. Xiaomi sendiri mengatakan bahwa iklan yang ada tidak akan mengganggu pengguna saat memakai perangkat mereka. Walaupun begitu, tetap saja menyebalkan, setidaknya bagi sebagian pengguna.

Sebenarnya, ada cara untuk membuat iklan menyebalkan tersebut tidak lagi muncul. Artinya, kuota internet kita tidak akan tersedot lagi (walaupun sedikit).

MIUI Ads

Untuk terhindar dari iklan-iklan tersebut silahkan lakukan salah satu cara berikut ini:

  • Bagi pengguna Greenify, masukkan aplikasi MSA ke dalam daftar aplikasi yang dihibernasi.
  • Bagi mereka yang bosan terhadap antarmuka MIUI, bisa melakukan flashing custom ROM.
  • Bagi yang tidak menggunakan Greenify dan tidak ingin mengganti ROM, masuk ke Setting, lalu masuk ke Additional Settings, setelah itu masuk lagi ke Authorisation and revocation, dan terakhir matikan MSA. Setelah itu, gunakan aplikasi Security untuk menghapus cache iklan pada perangkat.

Disable MSA

Seharusnya dengan memilih antara tiga pilihan di atas, perangkat Xiaomi Anda akan terbebas dari iklan yang dipasang oleh Xiaomi sendiri. Hal ini pun juga berlaku untuk perangkat Pocophone F1.

Dengan hilangnya iklan ini memang bisa berimbas pada pendapatan dari Xiaomi. Berapa besarnya, Anda bisa mencarinya dengan melihat di laporan keuangan mereka.

Greenify MSA

Nah, Anda pengguna Xiaomi sekarang tinggal memilih, apakah ingin menolong Xiaomi untuk mendapatkan keuntungan lebih besar lagi atau terbebas dari iklan yang bagi sebagian orang dianggap menyebalkan. Pilihan tentunya terserah Anda.

 

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Lifestyle
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…