4 August 2013

by wiku

Pangsa Pasar Sistem Operasi Android - Jelly Bean Naik

Lewat halaman pengembang mereka, Google secara rutin memberikan update tentang sebaran penggunaan perangkat yang ada di pasar terutama yang berhubungan dengan sistem operasi.

Untuk jangka waktu sebelum 1 Agustus, Android Jelly Bean menjadi sistem operasi yang paling dominan, mengalahkan sistem operasi lainnya dengan menguasasi pangsa pasar sistem operasi Android sebesar 40.5% (Android 4.1 dan 4.2). Angka ini naik dari bulan sebelumnya di angka 38%.

Untuk nama sistem operasi Android lainnya ada Gingerbread yang masih memiliki angka cukup tinggi, 33.1% serta ICS atau Ice Cream Sandwich dengan 22.5%.

Angka ini memang lebih ditujukan untuk para pengembang, dimana bisa menjadi rujukan untuk pilihan sistem operasi mana yang akan disasar untuk aplikasi mereka. Dari sisi konsumen, ini bisa berarti bahwa kepemilikan perangkat Android terbaru atau yang kompatibel dengan sistem operasi Android yang anyar semakin meningkat. Bisa juga mengindikasikan bahwa pertumbuhan perangkat Android terbaru pun meningkat serta pabrikan yang telah menyertakan sistem operasi terbaru di perangkat yang mereka jual.

Seperti yang dituliskan BGR, Google sendiri agak lambat dalam merilis sistem operasi mereka, termasuk Jelly Bean, dimana sistem operasi terbaru yang diumumkan kemarin Android 4.2.2 juga masih berkode Jelly Bean.

Menurut kabar. Key Lime Pie - upgrade sistem Android terbaru - akan diumumkan tahun depan. Untuk laporan lengkap data sebaran sistem operasi Android bisa dilihat di tautan ini.

Sumber gambar header: Kirill__M/Shutterstock.


This mobile channel is brought to you by Samsung Developer Competition 2013. SDC ’13 is an app competition for Android apps that leverage Samsung’s mobile technologies. For more information please visit http://techne.dailysocial.net/sdc.