Panono, 'Bola Ajaib' Pencipta Foto Panorama 360 Derajat

Foto panorama ada bukan tanpa alasan. Selain amat ideal untuk mengabadikan pemandangan alam yang indah, foto panorama juga bisa, dalam beberapa kasus, menyimpan informasi tambahan dari suatu momen berharga yang tertangkap kamera.

Hampir semua smartphone kini bisa memotret dengan mode panorama. Sayangnya, metode stitching (menggabungkan beberapa gambar menjadi satu) terbukti tidak efektif ketika ada objek-objek yang bergerak. Untuk itu, kita butuh solusi yang sanggup menghasilkan foto panorama dalam satu jepretan. Lebih lanjut, selfie panorama pun tampaknya mustahil untuk dilakukan memakai smartphone.

Solusi tersebut sudah ada. Namanya Panono. Ia merupakan sebuah bola berdiameter 11 cm dan berbobot 440 gram yang datang dari Jerman. Kebolehannya? Menciptakan foto panorama 360 derajat, sehingga Anda pun tidak perlu repot-repot framing.

Di sekujur tubuh Panono, telah tertanam 36 modul kamera. Digabungkan semuanya, Panono bisa menghasilkan foto 360 derajat dengan resolusi total 108 megapixel. Sebagai pembanding, Canon EOS 5DS dan 5DS R yang saat ini didapuk sebagai DSLR dengan resolusi tertinggi saja 'hanya' mampu menjepret gambar 50,6 megapixel.

Info menarik: Action Cam VSN Mobil V.360 Tawarkan Perekaman Video Panorama 360 Derajat

Menggunakan Panono pun juga terdengar sangat mudah. Anda hanya perlu melemparnya ke atas, lalu saat ia berada di titik tertingginya, foto panorama akan ditangkap secara otomatis. Selain itu, Anda juga bisa mengambil gambar secara manual dengan menekan tombolnya, atau menempatkannya di atas monopod, lalu mengambil gambar via aplikasi pendampingnya di Android atau iOS.

Melalui aplikasi ini jugalah Anda akan menikmati foto-foto 360 derajat yang diambil Panono. Tentu saja, fitur sharing pun turut disematkan ke dalam aplikasinya, terlebih mengingat Panono memungkinkan kita untuk mengambil selfie panorama.

Kiri: Prototipe Panono. Kanan: Versi final Panono. Sumber: Panono.

Panono bisa menyimpan hingga 400 foto panorama. Saat storage-nya penuh, Anda bisa memindahkan semuanya via USB, atau via Wi-Fi menuju smartphone, untuk kemudian diunggah ke Panono Cloud. Dengan demikian, foto-foto panorama Anda bisa dinikmati di mana pun ada koneksi internet dan web browser.

Buat yang tertarik, Anda saat ini sudah bisa melakukan pre-order langsung melalui situs resmi Panono. Ada dua warna yang ditawarkan, hijau atau hitam, dan masing-masing dibanderol seharga $599.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again