26 August 2014

by DailySocial

Pantau Gempa Bumi Dengan Aplikasi Gempa Indonesia

Kejadian bencana alam memang tak bisa diprediksi kapan datangnya, tak terkecuali dengan gempa bumi yang sering melanda berbagai kawasan di Indonesia. Dibuat oleh pengembang yang sama dengan yang mengembangkan aplikasi logistik PaketQ, telah hadir aplikasi untuk memantau dan mengetahui gempa bumi secara cepat Gempa Indonesia yang baru tersedia untuk platform iOS.

Aplikasi Gempa Indonesia yang telah memasuki versi 1.2.1 ini telah menghadirkan fitur notifikasi yang tak ada di versi sebelumnya. Dengan adanya fitur ini pengguna dapat dengan cepat mengetahui informasi dari gempa bumi yang terjadi. Tanggal dan waktu kejadian, kekuatan gempa, informasi kedalaman gempa adalah beberapa informasi yang terdapat dalam aplikasi Gempa Indonesia.

Aplikasi Gempa Indonesia juga menyediakan informasi jarak titik pusat gempa dari lokasi pengguna dengan memanfaatkan GPS yang terdapat dalam smartphone. Semua informasi tersebut diambil dari sumber yang terpercaya, yaitu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Indonesia. Bakal lebih menarik lagi jika Gempa Indonesia juga mencantumkan sumber lain sebagai pertbandingan, misalnya dari USGS.

Aplikasi Gempa Indonesia langsung dapat digunakan setelah diunduh secara gratis dari App Store. Tanpa pengaturan yang membingungkan, aplikasi Gempa Indonesia hanya meminta izin pengaksesan data lokasi pengguna pada saat pertama kali dibuka. Hal ini diperlukan sebagai bahan perhitungan informasi lokasi pusat gempa yang paling relevan terhadap posisi pengguna.

Di halaman utama aplikasi hanya terdapat daftar gempa bumi yang telah terjadi. Pengguna dapat mengetahui letak pusat gempa dengan memilih dari daftar yang ada. Pengguna juga dapat membagikan informasi tersebut ke media sosial (seperti Twitter), email, atau pesan singkat dengan tombol yang ada di sisi kanan atas.

Meskipun cukup sederhana, Aplikasi Gempa Indonesia memiliki tampilan menarik dan potensinya menjanjikan, terlebih jika tim pengembangnya dapat menambahkan informasi lain yang saat ini belum ada misalnya nomor kontak darurat saat terjadi gempa bumi atau tips-tips yang bisa dilakukan dalam keadaan darurat. Ketersediaan kontak darurat, seperti polisi, ambulan, dan pemadam kebakaran, akan memberikan manfaat yang lebih banyak bagi konsumen aplikasi ini jika hal yang tidak diinginkan dialami sendiri oleh penggunanya.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Aditya Dainel. Ada perubahan pada judul tanpa mengubah maksud dan isi tulisan asli.