Categories

Game

Pantomime Bug Farm Ialah Game VR yang Tak Membutuhkan VR Headset

iPhone, iPad maupun Mac yang dijadikan jendela menuju dunia virtual

Glenn Kaonang - 22 December 2015

Virtual reality yang kita kenal selama ini membutuhkan sebuah perangkat headset khusus untuk bisa menjelajah dunia virtual di dalamnya. Bisa dari yang sesederhana Google Cardboard, sampai yang amat canggih macam Oculus Rift, intinya semua perangkat tersebut merupakan ‘jembatan’ antara kita dan dunia virtual.

Namun bagi sebagian orang, virtual reality mungkin masih terdengar amat asing. Maka dari itu, dibutuhkan cara maupun sarana yang lebih mudah untuk memperkenalkan konsep dunia virtual kepada orang-orang tersebut. Itulah misi yang dituju sebuah startup bernama Pantomime, mereka ingin menyajikan nuansa immersive khas VR tanpa harus mengandalkan headset khusus sama sekali.

Buah pemikirannya adalah Pantomime Bug Farm, semacam mini game dimana pengguna bisa berinteraksi langsung dengan dunia virtual menggunakan iPhone, iPad maupun Mac. Tidak ada VR headset yang dilibatkan di sini, Pantomime memadukan kecanggihan augmented reality dan virtual reality untuk memberikan pengalaman baru bagi para pengguna perangkat mobile.

Pantomime Bug Farm

Dalam Bug Farm, pengguna memakai iPad-nya sebagai jendela ke dunia virtual. Saat iPad Anda gerakkan ke arah lain, pemandangan yang tampak pun juga berbeda. Anda bahkan bisa menggerus serangga-serangga yang tampak menggunakan iPad Anda. Pada dasarnya, teknologi rancangan Pantomime ini akan mengubah smartphone dan tablet menjadi semacam controller Nintendo Wii.

Lebih hebat lagi, Pantomime sengaja merancang Bug Farm – dan gamegame lain di masa yang akan datang – untuk bisa diakses oleh beberapa orang sekaligus. Anda bisa melihat tablet milik pengguna lain di layar tablet Anda, jadi seakan-akan apa yang ada di balik layar tersebut merupakan suatu dunia virtual yang bisa dieksplorasi.

Pantomime Bug Farm

Apa yang diciptakan Pantomime ini memang tidak bisa disebut sebagai virtual reality yang sebenarnya karena tidak benar-benar memberikan nuansa immersive layaknya sebuah VR headset. Tapi memang itu bukan tujuan utama Pantomime. Mereka beranggapan bahwa kreasinya ini bisa menjadi sarana perkenalan sebelum pengguna awam akhirnya tertarik untuk mendapatkan pengalaman yang lebih sempurna dengan membeli sebuah VR headset.

Kalau Anda tertarik mencoba, Pantomime Bug Farm sudah bisa diunduh secara cuma-cuma lewat App Store maupun Mac App Store. Tonton juga video demonstrasinya di bawah ini untuk mendapat gambaran lebih lengkap mengenai fitur-fitur yang ditawarkan Pantomime.

Sumber: Pantomime via VentureBeat.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id