Akhir tahun lalu, startup asal California bernama Pantomime meluncurkan game VR yang bisa dimainkan tanpa VR headset sama sekali. Sebagai gantinya, dunia virtual bisa langsung dieksplorasi melalui layar iPad, dan game tersebut juga mendukung fitur multiplayer dimana beberapa pengguna bisa saling berinteraksi dalam sebuah dunia virtual.

Tahun ini, dengan meledaknya tren augmented reality (AR) yang dimotori oleh Pokemon Go, Pantomime kembali memperkenalkan inovasinya dalam wujud aplikasi bernama Pantomime Creatures AR. Dibanding Pokemon Go, kapabilitas AR yang ditawarkan Creatures AR jauh lebih canggih; Pantomime sendiri menyebutnya dengan istilah shared AR.

Mirip seperti Pantomime Bug Farm, Creatures AR bisa dimainkan oleh beberapa pengguna sekaligus yang tergabung dalam jaringan Wi-Fi yang sama. Anda bisa melihat kehadiran perangkat milik pengguna lain dalam wujud 3D di layar, lengkap beserta gerakannya masing-masing di dalam dunia virtual.

Anda bisa melihat perangkat dan gerakan pengguna lain dalam wujud 3D di Pantomime Creatures AR / Pantomime
Anda bisa melihat perangkat dan gerakan pengguna lain dalam wujud 3D di Pantomime Creatures AR / Pantomime

Hal ini sangat berbeda dengan Pokemon Go, dimana dunia virtual sejatinya hanya mencakup satu individu saja. Di sini semuanya berlangsung secara real-time, memberikan pengalaman baru dalam menikmati teknologi augmented reality.

Dalam Creatures AR, perangkat yang Anda gunakan merupakan bagian dari dunia virtual. Pengguna bisa memakainya untuk menciduk makanan atau makhluk-makhluk lucu yang ada dalam game, dan aplikasi akan mendeteksi bagaimana pengguna memosisikan perangkatnya; saat iPad Anda miringkan, makhluk yang tadinya diciduk juga akan terjatuh.

Pantomime Creatures AR saat ini sudah tersedia di iOS secara cuma-cuma. Silakan tonton video demonstrasinya di bawah untuk lebih memahami cara kerja konsep shared AR yang dimaksud.

Sumber: UploadVR dan Pantomime.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.