Parker Ajak Anak-Anak Kembali Menyukai Teddy Bear dengan Bantuan AR

Parker Ajak Anak-Anak Kembali Menyukai Teddy Bear dengan Bantuan AR

Menggunakan aplikasi pendampingnya di iOS, anak-anak dapat berperan sebagai dokter untuk boneka ini
Parker / Seedling
Parker / Seedling

Mendapatkan namanya dari presiden ke-26 Amerika Serikat, teddy bear merupakan salah satu boneka terpopuler sepanjang masa. Perannya terhadap perkembangan anak-anak mungkin sudah agak berkurang di era yang didominasi iPad dan perangkat mobile lainnya ini, namun sebuah startup bernama Seedling ingin mencoba memopulerkannya kembali dengan bantuan augmented reality.

Buah pemikiran mereka adalah Parker, yang diklaim sebagai boneka teddy bear pertama berkapabilitas AR. Yang menarik, Parker sebenarnya hanyalah boneka biasa setinggi 36 cm tanpa satu pun komponen elektronik di dalam tubuh empuknya. Keunikannya terletak pada kemampuannya berinteraksi dengan perangkat iOS via bantuan AR.

Parker AR Teddy Bear by Seedling

Premis yang ditawarkan Parker sederhana: saat dilihat menggunakan kamera iPhone atau iPad, ia bakal tampak hidup dan siap diajak berinteraksi. Anak yang bermain bakal berperan sebagai dokter atau perawat untuk Parker, mengobati berbagai penyakitnya atau bahkan membedah dan menganalisa organ-organ tubuhnya.

Semua ini tentu saja dilakukan secara digital lewat aplikasi pendamping Parker di perangkat. Dengan mengandalkan gesture 3D Touch di iPhone misalnya, anak-anak bisa membantu Parker mengambil nafas dalam-dalam dan menguji kapasitas paru-parunya. Ini baru satu dari beragam aktivitas, game maupun puzzle edukatif yang ditawarkan.

Semakin sering anak-anak memainkan Parker dan menyelesaikan tantangan, semakin banyak aktivitas yang dapat dimainkan. Beragam aksesori yang terbuat dari kayu, macam termometer, stetoskop, sendok dan lainnya dimaksudkan agar porsi interaksi digital dan fisik bisa berimbang. Konsep ini sama seperti yang ditawarkan oleh Osmo, yang baru saja merilis permainan balap mobil AR.

Parker AR Teddy Bear by Seedling

Keseimbangan ini penting mengingat banyak dari kita yang berpendapat bahwa anak-anak zaman sekarang sudah tidak lagi tertarik dengan mainan tradisional, dan lebih memilih memainkan game di smartphone atau tablet. Kelebihan Parker adalah kesanggupannya berperan sebagai boneka biasa dan sebagai video game AR yang menarik di saat yang sama.

Parker saat ini sudah dipasarkan secara eksklusif melalui Apple Store di sejumlah negara dan Apple.com seharga $60. Ia dirancang untuk dimainkan oleh anak-anak berusia tiga tahun atau lebih.

Sumber: The Verge dan Seedling.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…