Listicles

Mengenal Produk, Pelaku, dan Manfaat Pasar Modal

Saham adalah produk dari pasar modal. Sebenarnya apa itu pasar modal dan apa saja produk pasar modal yang cocok untuk diinvestasikan?

Berbicara investasi saham, trading saham, dan juga scalping saham, rasanya tidak lengkap jika tidak membahas pasar modal. Padahal pasar modal itu yang menaungi berbagai produk investasi yang kamu gunakan sekarang.

Namun, perlu diingat pasar modal bukan seperti pada umumnya pasar, melainkan sebuah kegiatan transaksi jual beli surat berharga.

Kamu bisa mencari tahu apa itu pasar modal sekarang juga. Simak pembahasannya baik-baik ya!

Pengertian Pasar Modal

Secara umum pasar modal adalah sebuah kegiatan untuk transaksi jual beli surat berharga atau berbentuk efek yang dilakukan oleh perusahaan emiten sebagai pelaku pasar modal dengan investor. Tempat untuk melakukan transaksi pasar modal ini adalah Bursa Efek Indonesia (BEI)

Melalui UU pasar modal Indonesia dalam UU No. 8 Tahun 1995, pengertian pasar modal adalah aktivitas yang berhubungan dengan perdagangan efek dan penawaran umum antara pelaku dna perusahaan emiten.

Produk Pasar Modal

Dalam pasar modal ada beberapa produk atau instrumen investasi yang cukup menguntungkan yaitu sebagai berikut.

1. Saham

Saham adalah sebuah instrumen pasar keuangan yang berupa tanda penyertaan modal seseorang atau badan usaha dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

2. Reksadana

Reksadana adalah sebuah produk investasi yang portofolio efeknya dikelola oleh manajer investasi.

3. Surat Berharga EFT

Surat berharga EFT biasanya dijual dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) dan memiliki kesamaan seperti reksadana karena modal yang kamu berikan akan dikelola oleh yang profesional.

4. Saham Derivatif

Saham derivatif juga seperti surat berharga, akan tetapi memiliki mekanisme yang berbeda. Saham ini memiliki dua turunan yaitu warrant dan right.

5. Surat Obligasi atau Utang

Obligasi adalah sebuah instrumen pasar modal yang diterbitkan oleh perusahaan dalam bentuk penerbitan surat utang. Contoh obligasi adalah Sukuk atau Surat Utang Negara.

Pelaku Pasar Modal

Sesuai dengan namanya yaitu transaksi tentunya ada pelaku atau pihak pasar modal dibaliknya.

1. Investor

Investor menjadi salah satu pelaku pasar modal yang cukup penting, karena investor akan menginvestasikan uang atau modalnya dalam perdagangan produk pasar modal untuk mendapatkan keuntungan.

2. Broker

Sebuah perusahaan atau lembaga yang akan menjadi perantara perdagangan produk pasar modal bisa disebut juga perusahaan sekuritas atau pialang.

3. Emiten

Emiten adalah pihak yang memiliki surat berharga atau portofolio efek yang nantinya akan diterbitkan di pasar modal untuk mendapatkan modal dari para investor. Emiten juga yang akan mengelola uang investornya.

4. Underwriter

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan istilah underwriter atau penjamin emisi yang bertugas untuk melakukan kontrak perjanjian dengan emiten untuk melakukan penawaran terhadap efek yang tidak habis terjual.

5. Agen Perantara

Pelaku pasar modal yang terakhir adalah agen perantara yang akan mencari investor agar mau menginvestasikan modalnya pada produk pasar modal tertentu.

Manfaat Pasar Modal

1. Memberikan Pendanaan Bagi Perusahaan

Investor akan menginvestasikan modalnya dalam produk pasar modal agar mendapatkan keuntungan. Sedangkan, perusahaan atau pengusaha yang bergerak sebagai emiten akan mendapatkan pendanaan modal untuk membuat bisnisnya berkembang.

2. Meningkatkan Pendapatan Pajak

Selain investor dan juga pengusaha, pasar modal juga dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan pajak, karena dengan meningkatnya pendapatan masyarakat juga membuat pajak akan naik.

3. Dapat Meningkatkan Tenaga Kerja

Dengan adanya modal yang diperoleh dari investor, perusahaan yang berkembang tentunya akan memerlukan sumber daya manusia yang lebih. Sehingga, dengan hal ini juga membuka peluang tenaga kerja.

Nah, setelah mengetahui pembahasan pasar modal sekarang kamu bisa memilih produk pasar modal mana yang akan kamu kejar untuk investasi. Kamu bisa mencari produk pasar modal yang sesuai dengan kemampuan finansial!

***

Ikuti kuis dan challenge #NgabubureaDS di Instagram @dailysocial.id selama bulan Ramadan, yang akan bagi-bagi hadiah setiap minggunya berupa takjil, hampers hingga langganan konten premium DailySocial.id secara GRATIS. Simak info selengkapnya di sini dan pantau kuis mingguan kami di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter