Categories

Interview

Zomato akan Genjot Penjualan, Pengembangan Aplikasi, dan Ekspansi di Tahun 2015

Hesti Pratiwi - 21 November 2014

Layanan pencarian restoran online Zomato, beberapa hari yang lalu mendapat pendanaan sebesar US$60 Juta dari Vy Capital, Info Edge, dan Sequoia Capital.  DailySocial mengunjungi kantor Zomato Indonesia untuk menemui Country Manager Zomato Indonesia William Tunggaldjaja dan membicarakan rencana Zomato di tahun 2015.

“Ini tentunya akan membantu kami mengembangkan Zomato di Indonesia. Fokus kami saat ini masih pengembangan tim di Indonesia dan juga perluasan operasional ke kota-kota baru di Indonesia,” begitu ujar William. Saat ini Zomato telah hadir di Jakarta dan Pulau Bali. Kota-kota akan menjadi target berikutnya adalah Bandung, Surabaya, dan Medan.

Penambahan layanan di kota-kota besar lainnya akan penambahan terhadap jumlah awak Zomato Indonesia. William mengatakan yang menjadi perhatian utama Zomato adalah tim yang solid, pengumpulan konten yang berkualitas, dan peningkatan jumlah traffic, engagement, dan fooddie meet up.

Aplikasi mobile juga akan memperoleh tambahan fitur. Nantinya aplikasi mobile Zomato tidak hanya akan berisi informasi, tetapi juga akan menyediakan fitur reservasi restoran langsung. Zomato ingin memberikan layanan lengkap untuk penggunanya. Tidak hanya pencarian restoran dengan menampilkan menu, foto, peta, dan ulasan, pengguna juga bisa langsung memesan meja di restoran yang ingin ditujunya.

Di tahun 2015 nanti, William membeberkan bahwa sudah saatnya Zomato Indonesia mulai memikirkan monetisasi. Zomato menargetkan 10 persen restoran yang telah terdaftar untuk menjadi klien. Ini akan menjadi tantangan bagi Zomato Indonesia untuk memberikan edukasi kepada restoran untuk mulai memanfaatkan iklan digital.

William mengatakan, “Perbedaaannya dengan memanfaatkan Zomato sebagai wadah untuk beriklan, pengguna kami memang orang yang mencari tempat makan. Semuanya sudah merupakan target pasar yang potensial. Targetnya sudah tepat.”

Tantangannya masih seputar edukasi bagi pemilik bisnis kecil dan menengah untuk berinvestasi dengan iklan digital. Percaya kepada pemasaran digital. “Kita masih terus edukasi pasar, tetapi saat ini sudah ada 100 lebih yang beriklan, dan kami akan terus menambah jumlah itu,” ujarnya.

Zomato  juga akan mengeluarkan aplikasi Zomato for Business bagi pemilik restoran. Aplikasi ini memungkinkan  pemilik restoran bisa berinteraksi secara langsung dengan pengunjungnya. Skema gratis Zomato for Business memungkinkan pemilik restoran untuk dapat langsung membalas review yang diberikan pengguna Zomato.

“Kalau pay feature-nya, kami sediakan ada fitur untuk upload promo. Jika restoran menyediakan promo bisa langsung upload,” jelas William.

[Ilustrasi: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter