30 October 2017

by Bambang Winarso

Password di Chrome Android Versi Terbaru Bisa Dilihat dan Disalin

Fitur ini sebelumnya hanya ada di desktop, kini pengguna Android juga bisa mengelola sandi dari smartphone

Di browser modern baik yang versi desktop ataupun mobile, menawarkan fitur penyimpanan kata sandi atau password yang bertujuan memudahkan pengguna mengakses akun tanpa harus mengetikkan password dari awal. Bagi yang pelupa seperti Saya, fitur ini sungguh sangat membantu.

Chrome untuk desktop, selain menawarkan fitur tersebut juga menyediakan panel khusus di mana pengguna bisa melihat kembali password yang sudah pernah disimpan. Dan sekarang, fitur yang sama akhirnya juga digulirkan ke versi mobile khususnya untuk platform Android. Jadi, cukup dari smartphone Anda sudah bisa mengelola password yang tersimpan secara mudah.

Cara kerja fitur ini hampir sama dengan apa yang ditemukan di platform desktop. Ketika pengguna memutuskan untuk menyimpan password akun di browser Android, browser sejatinya menyimpan data-data tersebut di tempat yang aman. Lewat pembaruan ini, pengguna kini tidak hanya sebatas menyimpan tapi juga dapat melihat dan menyalin password tersebut.

Untuk melihat password yang tersimpan, pengguna dapat mengakses menu Settings – Save Passwords. Di jendela tersebut, pengguna akan menemukan informasi situs, username dan juga password. Masing-masing data bisa dilihat atau disalin menggunakan tombol yang tersedia.

Sayangnya saat mencoba untuk melakukan update Chrome ke versi terbaru, penulis belum menjumpai fitur yang dimaksud. Jadi, belum jelas juga apakah fitur ini juga menyediakan opsi edit seperti yang ada di versi desktop atau tidak. Kemungkinan Google butuh beberapa minggu untuk mendistribusikan fitur baru ini ke seluruh pengguna Chrome. Dan, kabar baiknya Google menambahkan fitur yang mencegah pengguna mengambil screenshot untuk alasan keamanan.

Sumber berita AndroidWorld.