Categories

Gadget

Strap Ini Beri Kemampuan Tracking dan Notifikasi pada Jam Tangan Tradisional Apa Saja

Wujudnya tidak berbeda dari strap jam tangan biasa

Glenn Kaonang - 5 December 2016

Baru saja saya membahas soal Grayton Origin, jam tangan analog yang menyimpan komponen ala smartwatch pada strap-nya, dan ternyata di Kickstarter juga ada produk berkonsep serupa. Namanya Patch, dan ia merupakan sebuah strap pintar yang bermisi menyulap jam tangan tradisional apapun menjadi sebuah smartwatch.

Sedikit berbeda dari yang dilakukan Grayton, tim pengembang Patch yang bermarkas di Singapura ini tidak menciptakan sebuah arloji secara utuh. Mereka hanya mengembangkan strap-nya saja, yang berarti konsumen harus sudah mempunyai jam tangannya sendiri.

Sangat sulit membedakan Patch dengan strap jam tangan biasa. Konsumen bisa memilih yang berbahan kulit atau nilon, dan di baliknya bernaung sebuah PCB (printed circuit board) fleksibel yang menjadi rumah dari accelerometer, modul getaran, modul Bluetooth serta baterai kancing standar. Yup, Patch tidak perlu di-charge, baterainya hanya perlu diganti dengan yang baru setiap tiga bulan.

Patch tersedia dalam empat ukuran yang berbeda / Team Patch Co.

Selain memonitor jumlah langkah kaki dan kalori yang terbakar, Patch juga dapat mengaktifkan sejumlah fungsi pada smartphone dengan memanfaatkan gesture. Contoh penggunaannya, goyangkan pergelangan tangan untuk mengaktifkan tombol shutter pada aplikasi kamera milik ponsel, atau sentuh strap-nya untuk menolak panggilan telepon saat tengah mengemudi.

Saat Anda tidak sengaja meninggalkan ponsel di meja suatu kafe, Patch akan bergetar guna mengingatkan Anda sebelum sambungan Bluetooth-nya terputus dan ponsel Anda sudah tinggal sejarah.

Berbagai varian desain Patch yang ditawarkan / Team Patch Co.

Secara fisik, Patch tersedia dalam berbagai ukuran sehingga dapat mengakomodasi segudang jam tangan yang ada di pasaran, baik yang memakai strap 18 mm, 20 mm, 22 mm maupun 24 mm. Ia juga telah mengantongi sertifikasi IPX7, sehingga guyuran hujan saja tidak cukup untuk merusak Patch.

Kampanyenya di Kickstarter hingga kini masih berlangsung, dan Anda bisa memesannya seharga $49 untuk yang berbahan nilon, atau $62 untuk yang berbahan kulit selama masa early bird.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter