Categories

Berita

Kelola Bisnis Ritel Secara Real-Time Menggunakan Pawoon

Aditya Daniel - 24 September 2014

Ketinggalan informasi kini bukan lagi sebuah alasan saat segalanya bisa dipantau secara real-time. Terlebih urusan bisnis yang sedang digeluti. Menjalankan bisnis ritel, entah itu sebuah waralaba, UKM, membuka sebuah kafe, ataupun resto tentu perlu mengetahui jumlah serta jenis penjualan yang terjadi. Bukan sekedar untuk mengetahui minat pasar tapi juga untuk memantau perkembangan bisnis yang dijalankan. Kini, memantau penjualan yang terjadi bisa dilakukan di mana saja secara real-time dengan Pawoon yang berbasis cloud.

Dengan biaya berlangganan Pawoon sebesar 99 ribu per bulan per kasir, pengguna sudah bisa menggunakan layanannya yang diklaim tanpa biaya awal, biaya instalasi serta tanpa kontrak minimun berlangganan. Pawoon sendiri memberikan percobaan layanannya selama 30 hari secara gratis bagi yang ingin mencoba sebelum berlangganan. Penggunaan Pawoon pun diklaim sangat mudah serta dijelaskan dengan rinci di bagian FAQ situsnya.

Nilai tersebut mungkin terasa mahal jika kita memiliki banyak pegawai yang memerlukan akses ke Pawoon, tapi penggunaan aplikasi berbasis cloud siap pakai seperti ini jelas memudahkan kita yang tak ingin direpotkan oleh lamanya pembuatan piranti lunak yang tailor-made dan memerlukan tenaga khusus untuk memeliharanya.

Lewat Pawoon, pengguna dapat memantau stok barang, melakukan serangkaian transaksi penjualan, hingga melakukan retur dan void apabila terjadi pembatalan transaksi. Selain itu, Pawoon juga memberikan fitur Rekapitulasi Kas untuk menyamakan jumlah uang yang berada di kasir dengan laporan yang terdapat dalam sistemnya.

Pawoon yang menggunakan Amazon Data Center sebagai basis datanya menjamin keamanan serta akses 24/7 secara real-time. Dengan sistem berbasis cloud semua data yang dikerjakan ketika offline akan secara otomatis tersinkronisasi ketika pengguna kembali terhubung dengan Internet. Pawoon dapat diakses di berbagai perangkat, baik itu perangkat mobile atau desktop. Mempertimbangkan kehadiran aplikasi mobile untuk Pawoon nampaknya bisa jadi langkah selanjutnya mengingat kemudahan akses menjadi prioritas bagi pemilik usaha yang memiliki mobilitas yang tinggi.

Data-data perkembangan usaha pun dapat dengan mudah diunduh untuk keperluan pelaporan, dengan format PDF ataupun CSV, yang telah disediakan oleh Pawoon. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi mereka yang memiliki sebuah bisnis hasil kerja sama dengan beberapa rekanan. Layanan point of sales yang ditawarkan Pawoon tentu menarik bagi mereka yang tak ingin dipusingkan dengan sistem untuk mengontrol jalannya usaha. Dengan basis cloud, keamanan tentu menjadi sebuah hal penting mengingat data sebuah usaha yang dijalankan bersifat rahasia dan sensitif.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter