Categories

Berita

Paypal Kian Aktif di Indonesia, Mulai Rekrut Country Manager

Rama Mamuaya - 4 December 2014

Paypal sendiri di Indonesia telah menjalin kerjasama dengan Doku, dan iPaymu sebagai langkah awal menjajaki pasar. Namun kali ini, sepertinya Paypal mulai serius menggarap lebih lanjut pasar Indonesia yang memang menggiurkan bagi para pemain e-commerce asing, meskipun agak dipertanyakan juga motif dibelakang pergantian fokus Paypal di Indonesia.

Satu hal yang unik, Paypal merupakan sistem pembayaran yang berbasiskan kartu kredit. Di negara-negara tempat Paypal beroperasi, adopsi kartu kredit pasti menjadi salah satu tolok ukur selain dari regulasi ekonomi dari bank sentral setempat. Di Indonesia sendiri, penetrasi kartu kredit masih sangat minim yaitu sekitar 14% dari populasi. Data dari Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) juga menunjukkan bahwa jumlah kartu kredit di Indonesia hampir mencapai 16 juta buah.

Indonesia's credit card data 2014 / AKKI

Melihat data penetrasi kartu kredit di Indonesia, sangat membingungkan mengapa Paypal mau berinvestasi lebih banyak yang nantinya akan memaksa mereka untuk berurusan dengan pasar yang belum terlalu besar dan regulator yang memberi banyak batas ruang gerak. Di India, dimana penetrasi kartu kredit juga rendah (1.7%), Paypal terpaksa menunda banyak rencana dikarenakan regulasi pemerintah India yang memberikan banyak batasan bagi Paypal.

Dailysocial.id is a news portal for startup and tecnology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter