Mulai dari Facebook Messenger sampai Skype, di titik ini PayPal sudah terintegrasi ke begitu banyak platform dan layanan. Akan tetapi pencapaian ini belum mau membuat PayPal berhenti memperdalam integrasi layanannya. Buktinya, baru bulan lalu mereka merilis fitur untuk saling berkirim uang lewat Messenger.

Sekarang, mereka kembali memperkenalkan fitur baru yang melengkapi integrasinya di Messenger, yakni fitur untuk membuat faktur pembayaran alias invoice. Tujuan akhir yang hendak dicapai PayPal adalah supaya semua tahap transaksi bisa berlangsung di dalam suatu percakapan Messenger.

Fitur pembuatan invoice ini pada dasarnya juga memungkinkan transaksi terjadi di mana saja, sehingga penjual barang bisa menerima pembayaran secara cepat, mudah sekaligus aman. Untuk melakukannya, sang penjual hanya perlu melibatkan chat extension PayPal di dalam Messenger.

Dari situ mereka tinggal melengkapi invoice dengan sejumlah detail saja – nama barang, deskripsi, harga dan kuantitasnya – lalu mengirimkannya ke akun si pembeli. Pembeli selanjutnya hanya perlu mengklik tombol “Pay with PayPal” pada pesan yang diterimanya, dan menyelesaikan transaksi dengan fitur PayPal One Touch.

Tentu saja skenario yang amat praktis ini baru bisa dinikmati kalau Anda berada di Amerika Serikat, di mana semua fitur PayPal memang sudah tersedia secara lengkap.

Sumber: PayPal.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.