9 June 2017

by Yoga Wisesa

PC Desktop Acer Aspire Baru Ini Andalkan AMD Ryzen Untuk Puaskan Para Gamer

Di dalam, Acer memadukan CPU racikan AMD dengan GPU garapan Nvidia.

Berbeda dari PC rakitan yang memungkinkan kita memilih komponen sendiri agar sesuai kebutuhan, produsen hardware juga menawarkan solusi siap pakai dengan kompensasi Anda harus membayar lebih mahal. Dan harga akan lebih tinggi lagi jika kita mulai melirik perangkat kelas gaming. Lalu adakah alternatif yang sama-sama bertenaga tapi lebih murah?

Beberapa hari sebelum E3 2017 dimulai, Acer menyingkap kejutan buat para gamer yang sedang berhemat tapi ingin segera ber-gaming. Perusahaan PC asal Taiwan itu memperkenalkan varian baru dari desktop Aspire GX. Model ini sempat masuk ke Indonesia kira-kira tiga builan silam, bedanya, perangkat Aspire dengan seri GX-281 tersebut dipersenjatai prosesor AMD Ryzen 5 1400.

Acer Aspire GX-281 merupakan sebuah bukti bahwa Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih dari US$ 1.000 untuk PC spesialis gaming (tentu tanpa menghitung biaya membeli periferal, monitor dan aksesori lain). Selain permainan video, Acer juga mengklaim Aspire GX-281 sanggup menunjang aplikasi-aplikasi berbasis virtual reality. Menariknya, walaupun diotaki AMD Ryzen, proses olah grafis Acer serahkan pada Nvidia.

Wujud Aspire GX-281 sendiri terlihat identik seperti PC Aspire GX Series lain. Ukurannya lebih kecil dari desktop mid-tower, didominasi warna khas perangat gaming: tubuh hitam dengan sedikit grille merah serta LED merah ala visor di sisi depan. Port-port penting seperti USB, audio dan card reader diposisikan di dekatnya agar lebih gampang diakses. Lalu di sisi atas, Anda juga bisa menemukan charging dock Qi, memungkinkan PC mengisi ulang baterai smarphone secara wireless sembari menjalankan game.

"Kebutuhan gamer sangat bervariasi, sesuai permainan yang mereka sukai," tutur senior director Acer America Frank Chang di rilis pers. "Mesin gaming terbaru kami didesain agar sanggup menangani permainan video, tetapi dibanderol di harga terjangkau."

Selain AMD Ryzen 5 1400, Aspire GX-218 dibekali RAM DDR 2400MHz, penyimpanan berbasis hard drive sebesar 1TB atau SSD 256GB, optical drive DVD-RW, konektivitas wireless AC dan Bluetooth 4.0 LE; juga ada USB 3.1 type-C, USB 3.1, rangkaian USB 2.0, HDMI, DVI-D, serta Gigabit Ethernet. Saat ini ada tiga pilihan konfigurasi, yakni GX-281-UR17, GX-281-UR16 dan GX-281-UR11.

Perbedaan mereka terletak pada varian kartu grafis dan tersedia atau tidaknya unit SSD. Di model paling ekonomis, Anda ditawarkan GPU Nvidia GeForce GTX 1050. Jika belum puas, tersedia pula opsi GeForce GTX 1080 Ti dengan harga yang tak terlalu jauh. Aspire GX-281 dijajakan seharga US$ 800-850.

Via PC Gamer.