19 January 2017

by Yoga Wisesa

PC iBuyPower Snowblind Punya Panel LCD Unik Buat Pamerkan Hardware di Dalam

Display sekunder yang berada di sisi samping memiliki resolusi 1280x1024.

Pamer hardware adalah hal lumrah di kalangan gamer PC. Komponen-komponen yang mereka beli bukanlah barang murah, dan para produsen mencoba mendukungnya dengan menyediakan motherboard ber-LED sampai menawarkan casing-casing berdesain keren. Tapi mungkin belum ada kreasi seunik ciptaan tim asal Kalifornia yang terkenal di ranah penyediaan perangkat gaming ini.

Setelah memamerkan prototype dari produk bernama Snowblind di ajang Computex Taipei 2016 silam, iBuyPower akhirnya mengabarkan bahwa mereka sudah siap menerima pre-order. Snowblind adalah PC desktop gaming ber-casing canggih yang menggunakan panel LCD transparan di sisi sampingnya. Selain untuk memperlihatkan hardware di dalam, jendela sekaligus layar LCD itu dapat memunculkan pola warna-warni atau berperan jadi monitor kedua.

Display LCD tersebut betul-betul bening, mempunyai resolusi 1280x1024. Ia bisa disambungkan ke kartu grafis melalui port DVI, dan secara teori, juga dapat digunakan buat bermain game. Namun tentu saja, fungsi utama layar kristal itu adalah untuk menampilkan animasi, kontennya dapat dikustomisasi sesuka hati. Cara kerjanya bisa Anda lihat langsung lewat video demo di bawah ini:

Untuk mengutak-atik animasi dan widget, iBuyPower merekomendasikan Anda menggunakan software open source Rainmeter. Dengannya, kita bisa mendesain sendiri atau mengunduh skin yang sudah ada - keleluasaan konfigurasinya hanya dibatasi kreativitas Anda. Dan demi memaksimalkan output gambar di LCD, iBuyPower hanya menggunakan komponen internal berwarna putih atau perak.

iBuyPower menawarkan Project Snowblind sebagai perangkat gaming siap pakai. Dan karena bukan perusahaan pencipta hardware, mereka memanfaatkan komponen racikan produsen lain. Ada tiga versi Project Snowblind, yaitu tipe standar, Pro dan Extreme. Mereka semua menggunakan jenis casing berwarna putih yang sama, perbedaannya terletak pada susunan hardware.

Menariknya, tipe entry-level Project Snowblind ditawarkan di harga yang masuk akal. Dengan mengeluarkan uang US$ 1.500, Anda memperoleh prosesor Intel Core generasi ke-7 i5-7400, kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1070, motherboard MSI X270 Tomahawk Arctic, RAM DDR4 3000 8GB, dan penyimpanan berbasis hard drive sebesar 1TB. Bundel sudah termasuk OS Windows 10 Home.

Komposisi hardware masih bisa dikustomisasi, dan tipe Extreme sebagai opsi termahalnya dijajakan seharga US$ 2.500. Model ini dipersenjatai sebuah GeForce GTX 1080, prosesor Intel  i7-7700K, motherboard MSI Z270 XPower Gaming Titanium, SSD 480GB dan RAM DDR4 32GB.

Ketiga varian rencananya akan mulai didistribusikan pada akhir bulan Februari 2017.

Via PC Gamer.