16 December 2014

by Yoga Wisesa

PC Quad-Core Sebesar Kartu Kredit Ini Cuma Dibanderol US$ 35

Meski brand 10moons jarang kita dengar, D9i berhasil membuat banyak orang kagum. Pasalnya mini PC mungil tersebut tak cuma ditawarkan di harga murah, tapi juga mendapat dukungan resmi chip Intel. Namun jika membahas ukuran dan harga, ternyata masih ada produk yang membuat D9i terlihat biasa saja. Ia adalah buah karya produsen Korea Selatan, Hardkernel.

Sang perusahaan hardware open-source tersebut memperkenalkan varian terbaru di seri Odroid yang mereka namai Odroid-C1. Odroid ialah kependekan dari Open dan Android, dan C1 sendiri merupakan PC mungil ber-board tunggal seukuran kartu kredit. Bentuk kecil ini mungkin akan mengingatkan kita pada Raspberry Pi, tetapi sebenarnya Odroid-C1 jauh lebih bertenaga dibandingkan dengannya.

Odroid-C1 mengambil tenaga dari prosesor quad-core ARM Cortex-A5 berkecepatan 1,5GHz, dibantu GPU Mali 450 MP2 dengan dukungan OpenGL ES 2.0/1.1 untuk Linux dan Android. Ada RAM DDR3 sebesar 1GB, ethernet Gigabit, opsi card reader MicroSD atau eMMC4.5, empat buah slot USB ditambah sebuah USB OTG, dan receiver inframerah. Anda bisa memilih platform Ubuntu 14.04 atau Android 4.4 KitKat.

Bisa kita lihat, rangkaian hardware bukanlah satu-satunya keunggulan dalam tubuh kecil Odroid-C1 karena konektivitasnya juga cukup luas. Melalui socket modul eMMC, Anda ditawarkan kecepatan akses ke penyimpanan dua hingga tiga kali lebih gesit dari kartu SD. Jika Anda bertanya-tanya, apa benar penampilannya seperti ini saja, Hardkernel sebenarnya sudah menyiapkan case khusus C1 dengan beberapa pilihan warna.

 

Info menarik: 10moons D9i, Mini PC Dua Sistem Operasi Dengan Harga di Bawah US$ 100

 

Modul eMMC atau MicroSD dibutuhkan untuk menginstal sistem operasi, dan Hardkernel tidak lupa menyediakan berbagai macam komponen dan aksesoris tambahan: kamera USB 720p, adaptor audio USB, heat sink, modul Wi-Fi, modul Bluetooth, Smart Power, tambahan display 9-inci Odroid-VU sampai remote control inframerah. Tentu saja Anda juga memerlukan adaptor power supply.

Dalam satu paket padat ini, yang Anda butuhkan hanyalah monitor, mouse, keyboard dan colokan listrik. Sempat terbersit di pikiran saya untuk memasang SteamOS di Odroid-C1, namun tidak bisa. Platform Valve itu saat ini baru kompatibel ke prosesor x86, artinya Odroid-C1 tak mendukung streaming game. Tapi tentu Anda dapat memanfaatkannya sebagai medium media streaming murah di ruang keluarga.

Dengan Odroid-C1, Anda bahkan dapat merakit sendiri platform gaming Android a la Ouya atau sekedar untuk mainan utak-atik. Tak masalah, karena harganya sangat murah, hanya dibanderol US$ 35. Silakan pesan di website resmi Hardkernel.