16 December 2015

by Glenn Kaonang

Pebble Kini Punya Sistem Activity dan Sleep Tracking-nya Sendiri

Dikembangkan bersama tim Wearable Health Lab dari Stanford University

Pengguna smartwatch Pebble Time, ada kado akhir tahun yang istimewa buat Anda. Pebble baru saja merilis Pebble Health, sebuah sistem activity dan sleep tracking komplet yang kompatibel dengan seluruh lini smartwatch Pebble Time (Time, Time Steel dan Time Round) melalui firmware update versi 3.8.

Pebble tidak sembarangan dalam merancang sistem tracking perdananya ini. Mereka bekerja sama dengan tim Wearable Health Lab dari Stanford University, memanfaatkan algoritma canggihnya sehingga tracking bisa berjalan seakurat mungkin. Dari situ, data-data yang dikumpulkan akan diintegrasikan dengan baik ke fitur Timeline.

Jadi ketimbang memakai standar tertentu untuk tiap-tiap aktivitas, Pebble Health memanfaatkan pencapaian pribadi tiap pengguna sebagai standar. Dengan kata lain, progress Anda akan diukur dan dibandingkan dengan rata-rata dari aktivitas Anda sehari-harinya.

Integrasi Pebble Health dengan fitur Timeline ini berujung pada ulasan maupun statistik yang sangat mudah dipahami. Di pagi hari, Timeline akan menampilkan ulasan singkat terkait seberapa lama Anda tidur semalam, lengkap beserta wawasan lain terkait kesehatan Anda.

Semisal Anda tidak begitu aktif dalam beberapa hari, Pebble Health akan menyarankan Anda untuk kembali beraktivitas. Menariknya, saran tersebut akan disampaikan berdasarkan konteks. Pebble akan melihat jadwal di kalender Anda. Kalau ternyata ada jam kosong, sebuah pin akan ditempatkan di Timeline sehingga Anda bisa memanfaatkan waktu luang tersebut untuk sekedar jogging di komplek rumah.

Lalu bagaimana dengan nasib pengguna Pebble Classic maupun Pebble Steel? Well, Anda masih bisa memanfaatkan aplikasi tracking besutan Misfit atau Jawbone. Tapi jangan khawatir, Pebble masih punya kejutan lain berupa fitur Timeline. Yup, user interface baru yang diperkenalkan bersama Pebble Time ini sekarang sudah tersedia di seluruh lini smartwatch milik Pebble.

Sumber: Wareable dan Pebble Blog.