Desember lalu, dunia mengucapkan selamat tinggal pada pelopor segmen smartwatch, Pebble. Pengguna produknya sudah pasti kecewa, akan tetapi Pebble ingin memastikan kalau semua produk yang sudah mereka pasarkan tetap bisa berfungsi seperti biasa, hanya saja tidak akan ada lagi update rutin seperti sebelumnya.

Pernyataan ini Pebble buktikan lewat update aplikasi Android dan iOS-nya yang baru saja dirilis. Update ini pada dasarnya akan menghapuskan ketergantungan pengguna akan layanan cloud Pebble, dimana semua fungsi perangkat pada akhirnya bisa dinikmati tanpa harus login sama sekali.

Seperti yang kita tahu, Fitbit memang tidak berencana meneruskan brand Pebble beserta portofolio produknya. Update ini memastikan perangkat besutan Pebble masih bisa beroperasi secara normal, tidak peduli apakah jaringan cloud-nya masih ada atau tidak.

Yang akan berhenti berfungsi pastinya adalah Pebble App Store. Sebagai gantinya, pengguna bisa meng-install aplikasi atau firmware secara manual, tanpa harus melakukan otentikasi apa-apa.

Sesungguhnya cukup menyedihkan nasib yang harus dijalani Pebble, tapi setidaknya update ini bisa sedikit melegakan hati konsumen bahwa produk yang mereka beli itu tidak kemudian berhenti berfungsi begitu saja, sebab di titik ini sudah tidak ada yang bisa mengganti kerugiannya.

Kalau Anda punya smartwatch Pebble, silakan unduh update aplikasi pendampingnya di App Store, sedangkan versi Android-nya dipastikan bakal segera menyusul. Bisa jadi ini merupakan update terakhir yang Pebble rilis.

Sumber: Wareable dan Pebble.

Application Information Will Show Up Here