Categories

Berita

Tak Kembangkan Aplikasi, PegiPegi Justru Sempurnakan Tampilan Mobile Web

Avi Tejo Bhaskoro - 10 October 2014

Setelah cukup lama tak terdengar kabar, situs online booking travel, PegiPegi kembali tampil dengan wajah baru. Bukan dalam versi desktop web seperti pada pembaruannya di tahun lalu, melainkan kali ini PegiPegi punya strategi di ranah mobile dengan menyegarkan tampilan mobile web-nya yang lengkap dengan seluruh fitur andalan.

Boleh dikatakan, saat ini melirik ranah mobile adalah suatu keharusan yang mesti diadaptasi agar tak tertinggal dalam persaingan pasar bisnis digital yang kian ketat. Caranya bisa beragam, mulai dari membuat aplikasi mobile sampai menyempurnakan mobile web yang bisa dinikmati oleh seluruh jenis perangkat mobile masa kini.

Bagi PegiPegi, sepertinya startup yang berbasis di Jakarta ini tak mau repot-repot membangun aplikasi mobile seperti yang banyak dilakukan oleh kompetitornya. Dengan melalui penyempurnaan tampilan mobile web, PegiPegi meyakini cara ini adalah salah satu alternatif terbaik untuk menjangkau pasar.

Seperti keterangan yang disampaikan dalam siaran pers, kebutuhan pengguna dalam kenyamanan memesan kamar hotel melalui perangkat mobile menjadi kunci utamanya. Tanpa mengurangi sedikit pun fitur yang tersedia, mobile web PegiPegi kali ini dirancang sedemikian rupa dengan pengalaman sesi pemesanan pengguna yang lengkap.

Secara keseluruhan, fungsi dan fitur dari tampilan baru mobile web PegiPegi tak jauh berbeda dengan tampilan desktop web-nya, hanya saja tentu ada beberapa fitur baru yang menarik dalam memanfaatkan kemampuan perangkat mobile untuk memesan kamar hotel. Selain mengandalkan pencarian berbasis pencarian keyword, mobile web PegiPegi juga memungkinkan pengguna untuk mencari kamar hotel berbasis lokasi yang mengandalkan teknologi GPS.

Singkatnya, di mana pun pengguna berada, mobile web PegiPegi akan secara otomatis mengkurasi hotel mana yang tersedia di dekat pengguna dan bisa langsung dipesan saat itu juga. Fitur ini mungkin akan sangat berguna bagi pelancong "backpacker".

Sementara itu, fitur generik lainnya seperti ulasan pengguna, filter pencarian, hingga kanal pembayaran juga disertakan untuk mendukung kemampuan pemesanan mobile web PegiPegi. Menariknya, seluruh fitur disajikan dengan tampilan antarmuka yang cukup ramah penggunaan. Begitu pula dengan fitur pembayaran online, cukup dengan beberapa perintah di ponsel, proses transaksi pemesanan bisa langsung dilakukan.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, berinvestasi dalam memasuki ranah mobile baik dengan mengembangkan aplikasi mobile dan semacamnya, saat ini mungkin menjadi salah satu langkah wajib bagi startup sejenis PegiPegi – yang umumnya memandang pasar Indonesia sangat concern terhadap perkembangan ranah mobile.

PegiPegi yang hingga saat ini belum memiliki aplikasi mobile native mungkin memasang strategi khusus dari penyempurnaan tampilan mobile web untuk memperkenalkan layanannya di ranah mobile, sebelum akhirnya bisa merilis produk aplikasi. Karena biar bagaimana pun, ketersediaan produk aplikasi bisa menjadi portfolio bisnis yang cukup ampuh untuk bisa meningkatkan daya saing pasar.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter