Categories

Review

Pelangi Interaktif Studio Kembangkan Aplikasi Khusus Lagu Anak

Rama Mamuaya - 13 March 2013

Dunia anak di Indonesia memang patut mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat, anak-anak jaman sekarang cenderung mengkonsumsi hal-hal yang belum sepatutnya dikonsumsi oleh anak seumurnya. Bayu Sulistyo Subyantoro, seorang pemerhati yang juga pendiri dari Pelangi Interaktif Studio memutuskan untuk bertindak untuk melawan masalah ini melalui sebuah aplikasi mobile.

Aplikasi ini dinamakan "Lagu Anak Indonesia" yang bisa anda unduh di Google Play dan iOS App Store. Melalui email, Bayu menyatakan keprihatinannya terhadap dunia anak di Indonesia, "Mencari lagu anak indonesia yang bagus dan berkualitas sangat susah, apalagi dengan konten original. Kami mencoba menawarkan hal baru buat orang tua, tontonan berkualitas sekaligus mendidik untuk anak anak mereka".

Melalui aplikasi ini anda bisa melihat animasi-animasi yang dikembangkan dengan sangat detil menyanyikan lagu-lagu anak khas lokal yang bisa anda tunjukkan ke anak-anak. Karakter animasi yang digunakan-pun orisinil buatan lokal dan sebelumnya juga sudah terbit dalam bentuk buku dan film animasi 3 dimensi. "Ini juga adalah karakter asli indonesia yang diciptakan karena keprihatinan atas ketidak punyaan kita untuk idol asli indonesia. Kita perlu idola asli Indonesia, dengan konten asli Indonesia" sahut Bayu.

Tujuan pengembangan aplikasi pun bisa dibilang cukup idealis, melalui aplikasi ini Bayu ingin anak-anak Indonesia bisa kembali bernyanyi dengan lagu yang pantas untuk anak seumurnya. Bayu juga ingin membantu orang tua untuk mengenalkan lagu anak yang dulu diturunkan oleh orang tua kita dari beberapa generasi sebelumnya. "Dan kita juga berharap kita semua selalu mengingat lagu lagu itu. Jangan sampai terjadi generasi yang tidak bisa menyanyikan lagu bintang kecil", tutup Bayu.

Tidak sendiri, Bayu mengaku bahwa aplikasi Lagu Anak Indonesia ini merupakan hasil kolaborasi dari Pelangi Interaktif Studio dengan Hicca Animation Studio dan #RGB sebagai pengembang aplikasi. Untuk pendanaan, Bayu mengaku saat ini masih ditanggung oleh Pelangi Interaktif Studio tanpa melibatkan investor lain.

Saya sendiri sebelumnya telah mencoba beberapa aplikasi serupa buatan luar negeri dan bisa dibilang konten animasi yang dikembangkan untuk aplikasi Lagu Anak Indonesia ini tidak kalah dengan beberapa aplikasi terbaik buatan luar negeri. Kontennya pun digarap dengan serius dan tidak asal-asalan, memperlihatkan kompetensi dari tiap-tiap anggota tim yang terlibat dalam pembuatan aplikasi ini.

Jika anda ingin mengunduh aplikasi ini, silahkan unduh di Google Play maupun iOS App Store.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter