Pelni Rilis Aplikasi Layanan Pengiriman Kargo

Pelni Rilis Aplikasi Layanan Pengiriman Kargo

Baru layani pengiriman 12 kota pelabuhan yang dilewati tiga kapal penumpang Pelni
Pelni Rilis Aplikasi Layanan Pengiriman Kargo / Detik
Pelni Rilis Aplikasi Layanan Pengiriman Kargo / Detik

Perusahaan transportasi pelat merah Pelni, lewat anak usahanya Sarana Bandar Nasional (BSN), merilis aplikasi Pelni Logistics untuk permudah pemesanan kargo bagi para pengguna jasa. Peluncuran ini sekaligus menandakan upaya Pelni untuk modernisasi bisnis agar tetap selaras dengan tren penggunaan teknologi digital di dunia transportasi.

Dalam aplikasi ini memuat informasi seputar slot kargo secara real time, jadwal kapal, tarif pengiriman, dan pelacakan kargo. Pelni Logistics bisa diakses secara online via situs desktop dan aplikasi untuk Android, sedangkan untuk AppStore ditargetkan akan segera menyusul.

“Tujuannya untuk kemudahan, jadi orang tidak perlu cari-cari telepon lagi [untuk pesan kargo]. Ini era terbuka,” terang Direktur Angkutan dan Logistik Pelni Harry Boediarto, dikutip dari Republika.

Harry melanjutkan pengguna cukup memasukkan jumlah kontainer yang ingin dipesan, kemudian akan tampil jadwal kapal yang tersedia, serta biaya yang dibutuhkan. Nanti di akhir pesanan, aplikasi secara otomatis akan mengirimkan kode pemesanan ke email pemesanan untuk dilanjutkan ke pembayaran lewat ATM.

Fiturnya pun akan ditambah. Rencananya, Pelni Logistics akan menjadi open platform yang bisa diintergrasikan dengan moda transportasi dari pihak ketiga. Misalnya dengan Pos Indonesia, Cargo Garuda, atau lainnya.

Harry mencontohkan, intergrasi moda transportasi misalnya Pelni dengan kapal perintis bila ingin mengantarkan barang ke Timika. Nantinya Pelni bisa intergrasikan dengan moda transportasi darat seperti Damri untuk pengirimannya.

“Kita sudah mulai mengarah sepert itu [open platform dengan pihak ketiga],” pungkas Harry.

Untuk tahap awal, Pelni Logistics baru melayani pengiriman kargo tujuan 12 kota dengan tiga kapal yang dilalui kapal penumpang Pelni, yakni KM Dobonsolo, KM Ciremai, dan KM Gunung Dempo.

Pada tahap berikutnya, ditargetkan pada peluncuran resmi di April 2018, Pelni akan menambah layanan pemesanan kargo hingga 25 unit kapal dengan 96 pelabuhan tujuan.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…