20 November 2014

by Bambang Winarso

Pemandangan Google Street View dan Photo Sphere Kini Bisa Disisipkan di Blog (+Tutorial)

Street View dan Photo Sphere adalah dua produk terbaru Google yang menampilkan pemandangan berbagai kota hampir di seluruh dunia, khususnya yang memiliki tempat-tempat eksotik. Indonesia termasuk yang beruntung masuk dalam tangkapan keduanya.

Kabar baiknya, kini Google meningkatkan dukungan API Google Maps sehingga kedua fitur tersebut kini dapat disisipkan ke dalam halaman web atau blog.

Google Maps sendiri sebenarnya sudah mendukung Embed API beberapa bulan silam, namun baru untuk penyipian peta saja, belum termasuk Street View dan Photo Sphere. Hari ini dukungan Embed API Google Maps makin lengkap, memudahkan pemilik blog untuk mempromosikan atau sekedar berabgi keindahan kota-kota dari berbagai penjuru dunia, bahkan termasuk pemandangan bawah laut loh.

 

Info Menarik: Drone Canggih Parrot Bebop Ditawarkan di Harga Sangat Terjangkau

 

Untuk menyisipkan Street View atau Photo Sphere ke dalam blog, caranya hampir sama dengan menyisipkan video baik dari YouTube, Vimeo atau layanan lainnya.

  • Pertama, buka Google Maps kemudian cari lokasi yang Anda inginkan, ketikkan di form pencarian lalu saat muncul saran di bagian bawah klik pada panel Street View.

  • Di bagian bawah street view default terdapat beberapa pilihan lokasi, jika dirasa perlu dan ingin Anda masih bisa memilih salah satu dari opsi tersebut.

 

Info Menarik: Xoo Ialah Ikat Pinggang Sekaligus Power Bank Buatan Nifty

 

  • Kemudian klik tombol settingberupa ikon gear di bagian bawah foto di sebelah tanda tanya. Kelihatan ya? Oke, lanjut. Lalu klik menu Share and embed image.

  • Klik menu tab Embed image, kemudian pilih ukuran frame dan salin kode yang diberikan lalu sisipkan di blog Anda. Selesai!

Gambar header: koleksi pribadi wikupedia