Categories

Misc

Pemandangan Google Street View dan Photo Sphere Kini Bisa Disisipkan di Blog (+Tutorial)

Bambang Winarso - 20 November 2014

Street View dan Photo Sphere adalah dua produk terbaru Google yang menampilkan pemandangan berbagai kota hampir di seluruh dunia, khususnya yang memiliki tempat-tempat eksotik. Indonesia termasuk yang beruntung masuk dalam tangkapan keduanya.

Kabar baiknya, kini Google meningkatkan dukungan API Google Maps sehingga kedua fitur tersebut kini dapat disisipkan ke dalam halaman web atau blog.

Google Maps sendiri sebenarnya sudah mendukung Embed API beberapa bulan silam, namun baru untuk penyipian peta saja, belum termasuk Street View dan Photo Sphere. Hari ini dukungan Embed API Google Maps makin lengkap, memudahkan pemilik blog untuk mempromosikan atau sekedar berabgi keindahan kota-kota dari berbagai penjuru dunia, bahkan termasuk pemandangan bawah laut loh.

 

Info Menarik: Drone Canggih Parrot Bebop Ditawarkan di Harga Sangat Terjangkau

 

Untuk menyisipkan Street View atau Photo Sphere ke dalam blog, caranya hampir sama dengan menyisipkan video baik dari YouTube, Vimeo atau layanan lainnya.

  • Pertama, buka Google Maps kemudian cari lokasi yang Anda inginkan, ketikkan di form pencarian lalu saat muncul saran di bagian bawah klik pada panel Street View.

embedstreet_12

  • Di bagian bawah street view default terdapat beberapa pilihan lokasi, jika dirasa perlu dan ingin Anda masih bisa memilih salah satu dari opsi tersebut.

embedstreet_22

 

Info Menarik: Xoo Ialah Ikat Pinggang Sekaligus Power Bank Buatan Nifty

 

  • Kemudian klik tombol settingberupa ikon gear di bagian bawah foto di sebelah tanda tanya. Kelihatan ya? Oke, lanjut. Lalu klik menu Share and embed image.

embedstreet_33

  • Klik menu tab Embed image, kemudian pilih ukuran frame dan salin kode yang diberikan lalu sisipkan di blog Anda. Selesai!

embedstreet_44

Gambar header: koleksi pribadi wikupedia

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id