Categories

Business

Pemasok Safir Untuk Apple di Ambang Kebangkrutan, Bagaimana Nasib Apple Watch?

Bambang Winarso - 7 October 2014

Kabar kurang sedap datang dari GT Advanced, rekanan Apple yang bertanggung jawab merakit layar safir. Perusahaan tersebut secara mengejutkan membuat pernyataan yang intinya mengakui telah mengisi formulir kebangkrutan Chapter 11.

Keputusan yang diambil oleh GT Advanced sudah barang tentu sebuah pukulan telak bagi banyak pihak, Apple menjadi yang paling dirugikan bila GT Advanced benar-benar pailit.

Sebab Apple bisa dibilang rekanan utama GT Advanced dalam memproduksi komponen pelindung kamera dan sensor pemindai sidik jari untuk varian iPhone.

Apple memang menjanjikan komposisi yang lebih khususnya setelah Apple berencana beralih dari Corning Glass ke layar safir. GT Advanced sendiri telah merombak ulang dan menginvestasikan banyak uang demi memenuhi kebutuhan Apple. Praktis mereka hanya membuat layar safir untuk Apple.

Salah satu isu yang menguatkan anggapan kebangkrutan GT Advanced adalah munculnya rumor yang mengindikasikan molornya peluncuran Apple Watch, smartwatch perdana Apple yang baru saja diumumkan September silam. Kabarnya meskipun Apple Watch berhasil diluncurkan, namun diyakini di tahap awal jumlahnya akan sangat terbatas.

 

 

Info Menarik: Google X Sedang Kembangkan Teknologi ‘Layar Puzzle’

 

 

Menurut Presiden dan CEO perusahaan Tom Gutierrez, "Pengajuan Chapter 11 ini tidak berarti kami akan keluar dari bisnis, melainkan memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk terus melaksanakan rencana bisnis pada pondasi yang kuat, mempertahankan operasi bisnis dan meningkatkan neraca kami."

Pergerakan saham GT Advanced di bulan September terpantau mengalami penurunan yang cukup signifikan. Penyebabnya disebut-sebut karena iPhone 6 ternyata tidak menggunakan layar safir seperti yang digembar-gemborkan, sehingga memunculkan sentimen negatif di kalangan investor.

Apple Watch memang tak sepenuhnya bergantung pada layar safir mengingat beberapa varian tidak menggunakan komponen tersebut. Namun dengan adanya perkembangan ini, apakah perkembangan atas Apple Watch akan tetap seperti yang direncanakan atau akan ada perubahan? Kita tetap harus menanti perkembangan yang ada.

Sumber berita GSMArena dan gambar header Bidnessetc.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter