Dark
Light

Pemasukan Terbesar Line Didapatkan dari Game

by
1 min read
November 13, 2013

Line adalah layanan pesan, namun layanan ini berkembang dan menghadirkan juga game yang terintegrasi dengan layanan pesannya. Bahkan kini pemasukan terbesar hadir dari layanan gaming mereka.

Seperti yang dikutip dari TechCrunch, Line telah mengumpulkan 9.9 miliar yen (99.9 juta dollar) dari segi penjualan bersih sampai dengan kuarter yang berakhir bulan September lalu, sedangkan pemasukan total 15.6 miliar yen ($157.6 juta dollar). Pengguna terdaftar Line sendiri secara total ada kurang lebih 280 juta, 49 juta diantaranya ada di Jepang.

Dalam perkembangan layanan ini sejak dari awal kemunculan sampai saat ini, kini pertumbuhan pemasukan terbesar yang mereka dapatkan berasal dari gaming. Ada 39 judul yang diterbitkan dan tersedia di toko aplikasi serta terus mengembangkan bisnis gaming dengan menggaet pengembang game pihak ketiga.

Pendapatan dari game mencapai 60% dari pemasukan yang mereka dapatkan. Selain dari game, Line mendapatkan pemasukan dari penjualan sticker sebesar 20% serta sisanya didapatkan dari akun bersponsor dan penjualan merchandise.

Tahun 2013 sendiri banyak disebut sebagai tahunnya layanan pesan, tidak terkecuali untuk pasar Indonesia. Di sini berbagai layanan pesan impor masuk dan saling berebut pengguna. Indonesia sendiri dikenal sangat terbuka atas layanan pesan baru atau layanan yang berhubungan dengan elemen sosial.

Selain Line, KakaoTalk, WeChat, Viber, WhatsApp bahkan yang terbaru, MyPeople serta BBM, hampir semuanya mendapatkan tempat di hati pengguna di samping Path (yang kini juga menyediakan layanan chat). Beberapa layanan pesan yang menyediakan aplikasi game juga mendapatkan popularitas di pengguna tanah air. Meski untuk jumlah rupiah yang dikeluarkan pengguna lokal untuk berbagai layanan ini masih harus ditelaah kembali.

Line sendiri sepertinya menikmati pertumbuhan yang ada di layanan mereka dengan terus melebarkan sayap di luar Jepang. Masih seperti yang dimuat di TechCrunch, pasar seperti Taiwan dan Thailan serta pengguna di negara seperti Meksiko, Spain dan Brasil juga menjadi incaran pertumbuhan.

Layanan pesan dan game sudah, selanjutnya? Line juga disebutkan bersiap untuk membuat semacam layanan e-commerce atau marketplace sebagai hal terbaru di layanan mereka.

Tahun 2013 akan segera berakhir, namun sepertinya pertumbuhan layanan pesan yang kini bertumbuh menjadi sebuah platform akan terus bertumbuh. Akankah tahun 2014 akan menjadi tahun kejayaan layanan chat/messenger juga? Mari kita ikuti terus perkembangannya.


line-earnings

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

GlitzMedia Sediakan Platform Iklan untuk Segmen Pasar Wanita

Next Story

[Simply Business] Hasil Menabur Benih Kolaborasi

Latest from Blog

Don't Miss

Logitech Hadirkan Gaming Keyboard Pro X 60 Lightspeed

Logitech belum lama ini merilis perangkat papan ketik terbaru yang

Paling Epic Main MLBB Pake Hape Resmi MPL ID, Galaxy S23 Ultra 5G

Bermain game dengan didukung perangkat yang soild adalah sebuah keharusan