16 July 2018

by Bambang Winarso

Pembaruan Android Oreo untuk BlackBerry KEYone Mulai Diuji

Pengujian beta dipindahkan ke komunitas baru yang dikelola oleh para ahli di Centercode

BlackBerry KEYone diluncurkan tahun lalu dengan sistem operasi Android Nougat. Mempertimbangkan BlackBerry dikenal sebagai perusahaan yang mengedepankan keamanan, cukup mengejutkan melihat mereka belum juga meluncurkan pembaruan ke Oreo yang bahkan telah diluncurkan sejak lama. Tapi sekarang pengguna KEYone bisa segera bernafas lega karena Blackberry mengonfirmasi sudah  meluncurkan versi beta Android 8.0 Oreo untuk smartphone BlackBerry KEYone-nya.

Dilaporkan oleh CrackBerry, BlackBerry dikatakan sudah meluncurkan pembaruan beta melalui skema undangan. Artinya, tidak semua orang bisa berpatisipasi. Tetapi jika Anda ingin menjadi bagian di dalamnya, bisa mendaftarkan diri ke laman bbeta.centercode.com/welcome. Sayangnya laporan itu tidak menyebutkan kapan Oreo beta akan tersedia untuk penguji.

Dalam surat elektronik yang disebarkan ke para peserta BlackBerry Beta Zone, disebutkan bahwa perusahaan saat ini sedang memindahkan upaya pengujian beta ke komunitas baru yang dikelola oleh para ahli dari Centercode. Bagi para pengguna diminta untuk melakukan pembaruan profil guna mendapatkan undangan.

Meskipun ini adalah versi beta dengan skema undangan, tidak ada salahnya mencoba dan mendaftar di situs web Centercode yang tautannya sudah saya sertakan di atas. Pengumuman ini juga mengisyaratkan bahwa pengujian bakal memakan waktu sebelum Android Oreo untuk BlackBerry KEYone benar-benar tiba. Kemungkinan terburuk, ketika Android Oreo tiba, versi terbaru Android P juga sudah diambang peluncuran.

Perlombaan semacam ini bukan hal baru, dan sayangnya BlackBerry yang dikenal peduli akan keamanan justru terlibat dalam siklus yang membosankan ini. Bandingkan dengan Nokia yang memberikan komitmen pembaruan secara berkelanjutan, bahkan ketika perangkatnya belum didistribusikan ke pasar global secara merata.