6 October 2015

by Oki Rosgani

Pembaruan Aplikasi Viber untuk Android dan iOS Hadirkan Fitur Mengetik Pesan Hingga 7.000 Karakter

Perseteruan di ranah aplikasi pesan instan atau Instant Messaging selalu sengit, beberapa layanan yang menyediakan layanan tersebut saling berlomba untuk memberikan kemampuan baru yang makin memanjakan para penggunanya. Salah satu yang baru-baru ini melakukan pembaruan atas aplikasi mereka adalah Viber. 

Meski telah memiliki banyak pengguna dan memiliki kemampuannya untuk dapat melakukan komunikasi suara layaknya menggunakan telepon selain kemampuannya untuk mengirimkan pesan teks dan juga panggilan video, tetapi fitur ini tentunya tidak cukup untuk bersaing. Karena kemampuan ini tentu tidak hanya dimiliki oleh Viber, sejumlah layanan pesan instan lainnya juga telah memiliki fitur serupa. Pembaruan secara rutin termasuk penambahan fitur tentunya harus dilakukan.

Info Menarik: Smartfren Jadi Operator 4G LTE Dengan Cakupan Terluas di Indonesia

Sejumlah kemampuan baru dihadirkan Viber melalui versi ternyar, meski aplikasi ini telah hadir untuk platformAndroid, iOS, Windows Phone dan BlackBerry namun pembaharuan yang  dirilis ke publik pada tanggal 30 September 2015 lalu hanya diberikan untuk platformAndroid dan iOS saja.

Beberapa kemampuan terbaru itu antara lain adalah: Group Likes, dengan fitur ini pengguna bisa memberikan Like pada obrolan dalam group dan sebaliknya, pengguna juga bisa mengetahui siapa saja yang memberikan Like pada pesan yang dia buat dalam group.

Lalu ada pula fitur Forward Public Chat, fitur ini memungkinkan untuk pengguna meneruskan pesan dari obrolan dalam group menjadi pesan yang dikirim ke individu.

Tidak hanya itu, penambahan fitur pada aplikasi Viber versi teranyar ini telah memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk menulis pesan teks lebih panjang dengan batasan maksimal hingga 7,000 karakter dalam sebuah pesan.

Info Menarik: Kirim WhatsApp, Viber dan Telegram di Android Kini Bisa Gunakan Perintah Suara Google

Tampilan pada panggilan video juga telah ditingkatkan untuk memberikan pengalaman komunikasi melalui fitur video calling menjadi lebih baik dan menarik. Salain itu, fitur Public Chat yang sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh pengguna smartphone Android kini bisa juga digunakan oleh para pengguna tablet Android.

Aplikasi Viber ini dapat dapat diunduh secara gratis melalui halaman Google Play Store dan iTunes App Store, namun pastikan bahwa Anda telah memiliki perangkat Android yang berjalan dengan versi Android 4.4 Kitkat atau yang lebih baru dan perangkat iOS versi 7.0 atau yang lebih tinggi.

Sumber: Softpedia | Gambar Header: Gil C/Shutterstock