Categories

Gadget

Pembaruan Terbaru Adobe Lightroom, Bawa Fitur Baru & Peningkatan Performa

Termasuk dukungan Apple ProRaw, dukungan kamera baru seperti Fujifilm GFX 100S dan X-E4

Lukman Azis - 17 March 2021

Lightroom merupakan salah satu senjata utama fotografer untuk meningkatkan kualitas foto lewat sentuhan pribadi alias editing. Dibanding beberapa tahun lalu, harga berlangganan Lightrom semakin murah. Misalnya Lightroom versi mobile mulai dari Rp29.000 per bulan dan Rp134.800 untuk paket komplet fotografi termasuk Photoshop, Lightroom plan untuk desktop dan mobile, serta Lightroom Classic.

Baru-baru ini, Adobe telah mengumumkan pembaruan untuk Lightroom dekstop ke versi 4.2 dan Lightroom mobile versi 6.2 yang menyertakan sejumlah fitur baru, termasuk dukungan format Apple ProRaw dan peningkatan lain. Sementara, pembaruan pada Lightroom Classic ke versi 10.2 berfokus pada peningkatan performa.

lightroom-march-update-for-you

Mulai dari Lightroom dekstop, Adobe menambah fitur feed baru yang bisa dipersonalisasi, serta tab ‘For you‘ dan ‘Discover’. Dari tab ini, pengguna dapat mengakses tutorial terpandu dan pengeditan interaktif, yang secara khusus dikuratori untuk pengguna individu.

Selain itu, Lightroom dekstop dan mobile sekarang mendukung format foto Raw baru ProRaw dari Apple. Sebagai informasi, ProRaw sendiri tersedia di iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max yang menggabungkan kecanggihan komputasi Apple dan fleksibilitas Raw.

lightroom-cc-mobile-updates-march

Di macOS, pembaruan Lightroom Classic ke versi 10.2 menjanjikan peningkatan kinerja saat menavigasi gambar di setrip film menggunakan fitur Library Loupe, Develop, dan Compare View. Di macOS dan Windows, fungsi pengeditan batch umum, termasuk Copy+Paste, Sync Settings, Quick Develop, dan Auto-Sync juga bekerja lebih cepat.

Khusus untuk pengguna kamera DSLR Nikon, versi terbaru Lightroom Classic menyertakan versi beta Tethered Live View untuk Nikon. Dukungan untuk sistem kamera mirrorless Nikon Z juga dijanjikan akan segera hadir.

lightroom-classic-updates-march

Baik Lightroom dan Lightroom Classic menyertakan dukungan kamera dan lensa baru. Untuk kamera meliputi Fujifilm GFX 100S, Fujifilm X-E4, Samsung Galaxy S21, Sony Alpha 1, dan Sony FX3. Lalu, untuk lensa termasuk lensa terbaru Rokinon, Samyang, Sigma, Tamron, Tokina, Voigtlander, dan lensa terbaru Sony FE 35mm F1.4 GM.

Sumber: DPreview

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id