30 March 2013

by Yoga Nandiwardhana

Pembaruan Aplikasi Vine Hadirkan Fasilitas 'Embed' di Web

Aplikasi perekam video enam detik, Vine, melebarkan penyebaran konten mereka dengan memberikan fitur embed pada video mereka. Kini kiriman video di Vine dapat di-embed layaknya video YouTube, caranya dengan menyalin kode embed yang diberikan dan menempelkannya di halaman web kita.

Opsi pertama untuk mendapat kode embed adalah lewat aplikasi Vine sendiri, namun proses embed video dari aplikasinya masih terasa agak merepotkan, karena dari pilihan "embed" kemudian Vine akan membuat sebuah email berisi tautan halaman web konten tersebut.

Kemudian kita diharap membuka email lalu mengklik tautan tersebut, masuk ke halaman web, kemudian baru bisa mendapat kode embed yang diharapkan.

Ada dua tipe embed yang diberikan oleh Vine yaitu "Simple" dan "Postcard." Pada mode "Simple" hanya videonya saja yang akan terpampang, sedangkan di tipe "Postcard" akan dibungkus dengan informasi pengguna dan deskripsinya.

Contoh embed dengan mode "Simple" adalah seperti ini:

Sedangkan untuk mode "Postcard" memuat informasi lebih banyak:

Selain dari aplikasi, video Vine juga dapat di-embed melalui pilihan di halaman web mereka. Pilihan berbagi ini akan tersedia untuk video milik kita sendiri, dan untuk video milik pengguna lain bila pengguna tersebut sudah pernah membagikan videonya.

Vine sepertinya berharap fitur ini akan membuat video mereka semakin banyak muncul di halaman web, dan mendorong orang untuk menggunakan aplikasinya dan memperkaya konten mereka. Walau saat ini masih hanya tersedia untuk perangkat iOS, Vine juga dikabarkan akan segera hadir untuk platform Android walau hingga kini belum diketahui pasti tanggal mainnya.

Sumber: Vine.