22 July 2014

by DailySocial

Pembaruan WeChat Berikan Fitur Group Chat dengan Password

Layanan messaging populer asal Tiongkok WeChat mengumumkan penambahan fitur group chat dengan password untuk versi 5.3 yang baru dirilis. Terkait jumlah pengguna WeChat, kebijakan perusahaan tidak membolehkan pengumuman jumlah pengguna yang spesifik di tiap negara, termasuk Indonesia. Meskipun demikian, pihak pengembang WeChat memastikan Indonesia tetap menjadi pasar penting bagi produknya.

Di sela-sela kegiatan berbuka puasa yang diselenggarakan PT MNC Tencent selaku pemegang produk WeChat di Indonesia, Chief Marketing Officer PT MNC Tencent Andy Lau mengungkapkan bahwa di versi 5.3 tersedia sejumlah fitur baru untuk membuat kegiatan chatting menjadi lebih seru dan menyenangkan. Selain Group Chat yang bisa diproteksi dengan password empat digit untuk menjaga keamanannya, versi terbaru ini juga memudahkan pengguna yang mengalami “salah kirim” untuk bisa me-recall pesan tersebut.

Tak hanya itu, WeChat juga menambahkan fitur Translation untuk membantu pengguna berkomunikasi dengan kawan-kawannya di seluruh dunia yang menggunakan bahasa berbeda. Fitur yang dihadirkan oleh WeChat ini mendukung lebih dari 20 bahasa yang bisa digunakan dengan sedikit sentuhan.

Untuk mendorong lokalisasi WeChat di Indonesia, mereka juga menghadirkan set stiker animasi Ramadhan dan nuansa Idul Fitri. Masih soal libur Lebaran, WeChat dan akun resmi SeputarIndonesia menggagas citizen journalism bagi penggunanya. Melalui menu Citizen Journalism, pengguna WeChat bisa mengirimkan informasi berupa teks, foto, atau video seputar kegiatan mudik dan suasana Lebaran di kampung halaman.

Tak hanya soal strateginya di Indonesia, WeChat juga menginformasikan sejumlah kampanye pemasaran yang dilakukan secara global. Yang pertama adalah ajang #WeChatWorldChallenge yang diadakan di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Informasi lebih lanjut soal kampanye ini bisa dilihat di note Facebook-nya. Ajang yang kedua adalah pencarian supermodel internasioanl yang digelar bersama desainer Vivienne Tam. Pemenang kontes ini akan diterbangkan ke New York dan menjadi model yang membawakan pakaian Vivienne Tam di pagelaran New York Fashion Week.

Terkait tentang penggunanya di Indonesia, Andy mengungkapkan kebijakan perusahaan tidak membolehkan pengumuman jumlah pengguna (aktif dan terdaftar) di tiap-tiap negara. Disebutkan bahwa saat ini jumlah pengguna aktif WeChat di seluruh dunia mencapai 300 juta. Selain itu ditambahkan pula bahwa khusus di Indonesia pertumbuhan pengguna dari kuartal pertama 2013 ke kuartal pertama 2014 mencapai 1100%. Mereka memastikan Indonesia adalah pasar yang sangat penting, di luar Tiongkok, dan pertumbuhan WeChat di Indonesia menjadi benchmark bagi pertumbuhan pengguna WeChat di negara lain.


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Amir Karimuddin.