27 September 2021

by Yabes Elia

Kalimantan Barat, DKI Jakarta, Sulawesi Tenggara, dan Jawa Barat Jadi Pemenang Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021

Keempat propinsi jadi juara di 4 game berbeda.

Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021 akhirnya selesai digelar pada hari Minggu kemarin (26/9) dan sudah mendapatkan para pemenangnya.

Buat yang belum tahu, ada 4 game yang dipertandingkan pada ekshibisi kali ini yaitu Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), Free Fire, PUBG Mobile, dan PES 2021. Lokapalagame MOBA buatan dalam negeri, menjadi pertandingan persahabatan kali ini.

Menariknya, medali emas di 4 cabang esports terbagi rata ke empat propinsi. Di MLBB, Kalimantan Barat yang berisikan Alrazali, Frengki, Kevin Almeyda, Novianda Kusuma Prapanca, dan Riandy jadi pemenang setelah mengalahkan mengalahkan Jawa Tengah di partai final. Sedangkan di peringkat ketiga, ada tim dari Sulawesi Utara.

Untuk PUBG Mobile, DKI Jakarta (Eksa, Jason, Bagas, dan Bagus) sudah tidak mengherankan lagi jadi juaranya karena ada si kembar dari Bigetron Red Alien yang bahkan pernah jadi juara dunia. Sedangkan Papua Barat berhak mendapatkan medali perak dan Sulawesi Tenggara yang mendapatkan medali perunggu.

Dokumentasi: PBESI

Sedangkan dari Free Fire, Sulawesi Utara yang mengirimkan Rafli Aidil Fitrah, Muhammad Fikri Alief, Sapri Danmas Budiana, dan Muhammad Tauhid berhasil menempati posisi pertama. Posisi kedua ditempati oleh Bengkulu dan posisi ketiga dari Maluku.

Terakhir, untuk PES 2021, hasilnya juga sudah dapat diprediksi. Pasalnya, Jawa Barat diwakili oleh Rizky Faidan (yang pernah jadi juara Asia) dan Ferry Purnama Gumilang. Mereka berhasil juara setelah menumbangkan Kalimantan Selatan. Di peringkat ketiga, ada perwakilan dari Gorontalo.

Pada rilis yang kami terima, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Esports Indonesia (Sekjen PBESI) Frengky Ong mengatakan,”Kekuatan atlet-atlet esports yang berlaga di Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021 sangat merata. Tidak ada satu provinsi yang tampil dominan. Ini mengonfirmasi bahwa pembinaan-pembinaan di seluruh provinsi di Indonesia sudah berjalan baik dan tidak terjadi kesenjangan.”