1. Lifestyle

Pemerintah Denmark Ciptakan Versi Minecraft Negara Mereka Sebagai Medium Belajar

Sebuah stigma lama yang cukup sulit dihilangkan dari benak para generasi sebelum kita adalah bahwa bermain video game hanyalah membuang-buang waktu. Nyatanya malah terjadi hal yang berkebalikan, judul-judul seperti Arma dan Kerbal Space Program membantu instansi militer, riset ilmu pengetahuan hingga gamer biasa untuk saling berbagi manfaat.

Minecraft kembali berkontribusi untuk bidang pendidikan. Pemerintah Denmark mengumumkan bahwa mereka memanfaatkan permainan karya Markus 'Notch' Persson dan tim di Mojang sebagai platform untuk belajar. Khususnya untuk mempelajari keadaan geografis Kerajaan Denmark.

 

Info menarik: [Pic of The Day] Perbandingan Kecepatan Internet di ASEAN

 

Dengan fitur 3D procedurally generated world yang diusung oleh para penciptanya, pada dasarnya pemain dapat menciptakan dunia tanpa batas. Dan hal tersebut memungkinkan orang untuk menciptakan apapun di dalamnya. Satu-satunya hal yang membatasi pengguna dalam berkreasi adalah kreativitas mereka sendiri dan kapasitas penyimpanan komputer.

Proses 'digitalisasi' keadaan alam Denmark ke dunia Minecraft dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Mereka juga telah membuat sebuah rancangan kurikulum bagi para guru untuk membantu dalam menjelajahi versi virtual negeri yang mereka cintai itu. Dengan begitu, para pengajar bisa meneruskan apa yang telah mereka pelajari kepada para murid.

Kirsten Brosbøl, Menteri Lingkungan Denmark, menjelaskan, "Kami telah menciptakan versi online Denmark dalam Minecraft, sehingga para pelajar dapat menciptakan hutan mereka sendiri, membuat danau, menciptakan sekolah, instalasi pembangkit listrik bertenaga biogas, kincir angin dan lain-lain."

"Yang akan membatasi kreativitas hanyalah imajinasi Anda," lanjutnya. "Dengan begini, kami menciptakan sebuah penghubung antara dunia digital dengan dunia alam sesungguhnya. Proyek ini tidak akan rampung tanpa kegigihan Simon Kokkendorf dan Thor Bjørn Nielsen dari Geodatastyrelsen, badan pemerintah yang memetakan seluruh keadaan alam Denmark.

Kedua individu ini menggunakan data yang tersedia untuk publik, seperti informasi relief bumi, sudut ketinggian dan arah jalan, kemudian mereka terjemahkan ke dalam dunia blok Minecraft. Kokkendorf dan Nielsen juga tidak lupa menciptakan sistem navigasi sehingga para pengunjung bisa mudah mencari wilayah rumah tinggal mereka di dalamnya.

 

Info menarik: [Panduan Pemula] Cara Mengganti Header Profil Twitter Tampilan Baru

 

Terhitung sebanyak empat triliun blok yang digunakan untuk menciptakan negara Denmark versi Minecraft. Jika Anda berkenan untuk mengunduh semuanya, Anda perlu menyiapkan penyimpanan sebesar 1.000GB.

Rencana Pemerintah Denmark selanjutnya adalah untuk memungkinkan para siswa sekolah dan khalayak umum untuk merekam dan memasukkan hewan dan jenis-jenis tumbuhan dari dunia nyata ke dunia virtual. Kemudian mereka nanti akan diperkenankan untuk menjelajahi dunia tersebut layaknya berpetualang di alam sesungguhnya.

Bukan hanya geografi dan lingkungan, Denmark sebelumnya telah memanfaatkan Minecraft untuk mengajar matematika. Bahkan Minecraft telah menjadi mata pelajaran wajib di salah satu sekolah di Swedia. Lalu kapan giliran lembaga pendidikan Indonesia melakukan hal inovatif seperti ini?

Sumber: DailyMail.co.uk. Sumber gambar: Venturebeat.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again