Categories

Berita

Pemerintah Diminta untuk Keluarkan Regulasi dan Kebijakan Terkait Smart City

Regulasi dan kebijakan untuk membantu melindungi serta mengatur semangat smart city yang sudah ada

Prayogo Ryza - 21 October 2015

Pembahasan isu mengenai smart city semakin hari semakin terlihat kemajuan. Beberapa perusahaan nasional maupun multinasional sudah mulai menjalin kerja sama  dengan pemerintah kota untuk mendukung konsep ini dengan solusi masing-masing. Sama seperti halnya akselerasi teknologi di bidang bisnis, pun smart city juga perlu regulasi. Untuk itulah pemerintah diminta untuk mengeluarkan kebijakan dan regulasi terkait hal ini.

Desakan agar pemerintah segera mengeluarkan kebijakan dan regulasi mengenai smart city ini diungkapkan oleh pemerhati smart city Suhono Harso Supangat di sela-sela acara Konferensi Smart Indonesia Initiatives Forum yang terselenggara baru-baru ini. Suhono mengungkapkan bahwa keselarasan antara pemerintah daerah dan pusat dalam hal kebijakan bisa mengakselerasi adopsi smart city.

"Keselarasan kebijakan dan regulasi pemerintah pusat dan daerah menjadi perhatian utama untuk mendorong smart city. Kehadiran regulasi sangat mendesak karena sekarang banyak kota atau desa ingin mengadopsi platform smart city, ini butuh rambu-rambu yang jelas," ungkapnya, mengutip pemberitaan dari CNN Indonesia (20/10).

Selain isu smart city Suhono juga mengungkapkan isu pembangunan smart people juga menjadi salah satu perhatian Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani kala memberikan sambutan di acara yang sama. Menko Puan seperti diungkapkan Suhono sangat mendukung gerakan smart people untuk menjadi penunjang smart city dan Desa Cerdas Indonesia.

Selain Menko Puan, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli juga menyambut positif inovasi teknologi untuk membantu program di kementrian masing-masing.

"Inovasi beda dengan globalisasi, lakukan inovasi sekarang atau tidak sama sekali.  Rizal Ramli juga kritik tentang kemerosotan ranking perguruan tinggi di Indonesia," ujar Suhono.

Regulasi dan kebijakan bisa menjadi salah satu bukti bahwa semangat smart city tak hanya milik penggiat teknologi. Sebelumnya keterlibatan pemerintah daerah terhadap isu smart city ini bisa dilihat dati dua kota yang terdepan dalam adopsi teknologi di lingkungan pemerintahan yakni Bandung dan Jakarta.

Dua kota tersebut selain terkenal dengan masyarakat yang kreatif dan akrab dengan teknologi juga terkenal dengan pemimpinnya yang sangat peduli dan paham dengan optimalisasi teknologi untuk kota. Semoga regulasi dan kebijakan dari pemerintah bisa segera terealisasi dan melindungi semangat smart city yang ada.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter