1. Startup

Pemerintah Kabupaten Kediri Luncurkan E-Tilang

Mungkinkan masyarakat mudah bayar denda tilang dan memberikan transparansi pengelolaan dana tilang

Mengimplementasikan teknologi merupakan bagian dari upaya untuk menjadi selangkah lebih baik dan maju. Seperti yang baru saja dilakukan oleh pemerintah kota Kediri yang mengenalkan aplikasi e-Tilang. Seperti kita ketahui bersama Tilang (Tindakan Langsung) merupakan salah satu bentuk tindakan yang dilakukan di tempat oleh aparat kepolisian jika terjadi pelanggaran, dalam hal ini yang paling sering adalah pelanggaran lalu lintas. Aplikasi e-Tilang sendiri memungkinkan masyarakat untuk dapat melakukan pembayaran sanksi tilang di tempat secara resmi dan transparan. Terobosan ini selain memudahkan masyarakat juga menekan tindakan pungli yang meresahkan.

Salah satu kemudahan yang ditawarkan adalah integrasi dengan jaringan internet banking milik BRI sehingga pembayaran bisa dilaksanakan di tempat tanpa harus menunggu proses sidang di pengadilan. Dalam membangun aplikasi e-Tilang ini Pemerintah Kabupaten Kediri bekerja sama dengan PT Trimaxindo Abadi dan Microsoft Indonesia.

“Pemanfaatan aplikasi e- Tilang secara otomatis memotong birokrasi di lapangan, sekaligus menghilangkan peluang adanya pungutan liar. Aplikasi e-Tilang ini menjadi wujud sinergi antar lembaga di Kabupaten Kediri serta menunjukkan integritas para aparat yang bertugas,” ujar Kapolres Kabupaten Kediri  AKBP Akhmad Yusep Gunawan.

Penerapan e-Tilang sendiri merupakan bagian dari upaya pemerintah Kabupaten Kediri untuk menuju e-Gov dan bermuara pada Kediri sebagai salah satu smart city. Selain itu e-Tilang juga menjadi salah satu bentuk dari kelanjutan nota kesepahaman program Electronic Criminal Justice System (e-CJS Plus) yang disosialisasikan 11 Oktober 2016 silam. Beberapa program yang termasuk  e-Tindak Pidana Ringan (e-Tipiring), e-Sidik, dan e-Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (e-SP2HP).

“Pemilihan teknologi menjadi kunci dalam pengembangan aplikasi layanan masyarakat, khususnya jika dihadapkan pada tantangan dari segi keamanan data, skalabilitas, efisiensi, dan waktu pengembangan yang singkat. Melihat kebutuhan akan solusi cepat dengan segala tantangan dalam proses pengembangannya, Azure merupakan platform yang paling sesuai untuk mengantarkan aplikasi menjadi sebuah solusi,” ujar Chief Technology Officer  PT Trimaxindo Semesta Abadi Hermato.

Sementara itu Public Sector Director Microsoft Indonesia Peter Lydian mengapresiasi apa yang dilakukan pemerintah Kabupaten dan Polres Kediri. Menurutnya pemerintah, aparat penegak hukum, dan masyarakat setempat perlu bekerja sama untuk mempersiapkan Kediri menjadi smart city, salah satunya dengan cara memanfaatkan teknologi.

“Kami sangat mengapresiasi inovasi teknologi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten dan Polres Kediri. Pemerintah, aparat penegak hukum, dan masyarakat setempat perlu bekerja sama untuk mempersiapkan Kediri menjadi kota pintar, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi untuk menjaga ketertiban berlalu lintas dan mewujudkan keamanan berkendara. Dengan sinergi yang kokoh, teknologi sebagai platform siap mendukung langkah-langkah menuju kota pintar di berbagai aspek,” ungkap Peter.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again