Categories

Berita

Pemerintah Manfaatkan Mandiri E-Cash Sebagai Layanan Bantuan Keuangan Digital

Michael Erlangga - 4 November 2014

Mendukung kebijakan pengimplementasian sistem pembayaran tanpa tunai (cashless), Presiden Joko Widodo secara resmi meluncurkan Kartu Keluarga Sehat (KKS) pada hari Senin (3/11) kemarin. Nantinya penyaluran bantuan sosial akan menggunakan nomor ponsel sebagai rekening tempat menyimpan dana dengan lebih aman dan tanpa harus mengantre.

Melansir pemberitaan dari Detik.com (3/11), bantuan sosial ini merupakan tahap lanjutan dari Program Percepatan dan Perluasan Sosial yang digalakkan oleh pemerintahan yang lalu dengan nama Kartu Perlindungan Sosial. Kini pemilik Kartu Perlindungan Sosial dipersilakan untuk menukarkan kartu mereka dengan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan kartu SIM Mandiri E-Cash yang berisi uang elektronik.

Kartu SIM yang telah diaktifkan berfungsi sebagai nomor rekening untuk penyaluran Simpanan Keluarga Sejahtera sebesar Rp 200 ribu per bulan setelah sebelumnya diaktifkan mengisi data pribadi sebagai pemegang sah kartu tersebut. Perihal pencarian dana yang dimiliki, pemilik kartu cukup memilih menu yang telah tersedia di kartu SIM untuk mendapatkan kode verifikasi untuk proses pencairan di kantor pos yang sudah ditentukan.

Proses ini jelas lebih memudahkan dan mempersingkat waktu ketimbang harus mengantre serta urusan birokrasi lainnya. Masyarakat kini tak perlu lagi terlalu bergantung pada bank dan keberadaan ATM setelah implementasi layanan keuangan digital ini.

“Melalui LKD, pemerintah juga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penerima bantuan. Setelah mendapatkan Kartu HP dengan uang elektronik tersebut, selanjutnya masyarakat tidak perlu antri untuk mengambil bantuan, karena bantuan tunai sudah disalurkan melalui rekening di nomor ponselnya. Selain itu, mereka pun tidak perlu mengambil langsung bantuannya dalam bentuk tunai sehingga aman bagi mereka,” ucap Sekretaris Eksekutif Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Bambang Widianto, dalam artikel resmi Menkokesra.go.id (3/11).

Nantinya, pemerintah secara bertahap akan membagikan ketiga kartu tersebut kepada 15,5 juta keluarga kurang mampu di seluruh Indonesia sebagai tanda terima pemanfaatan Program Indonesia Sehat.

Mandiri E-Cash yang mendukung Layanan Keuangan Digital (LKD) ini sebelumnya juga telah membantu penyaluran dana bantuan untuk korban bencana di Sinabung. memanfaatkan agen layanan keuangan digital sebagai lembaga pembayar di Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Uji coba tersebut dilakukan bersama Bank Indonesia, Kementerian Sosial, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan, dan TNP2K.

[Ilustrasi: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter